Bumi Sanggam

Tim Gabungan Gelar Operasi Terpadu Pasar Aman Bebas dari Bahan Formalin di Balangan

Operasi terpadu pasar aman bebas dari bahan formalin di Pasar Modern Adaro Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel, digelar tim gabungan, Senin (11/2).

Tim Gabungan Gelar Operasi Terpadu Pasar Aman Bebas dari Bahan Formalin di Balangan
HO/humas pemkab balangan
Balai POM periksa sampel di Pasar Modern Adaro Paringin, Balangan, Senin (11/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Operasi terpadu pasar aman bebas dari bahan formalin di Pasar Modern Adaro Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel, digelar tim gabungan, Senin (11/2/2019).

Tim gabungan terdiri dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Dinas Perikanan Kabupaten Balangan, dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Balangan.

Dalam operasi ini petugas gabungan melakukan pengujian terhadap 31 sampel.

Diantaranya, ikan asin telang, ikan asin peda, ikan asin tongkol, ikan peda segar, cumi segar, ikan selar segar, ikan lanjar segar, udang segar, ebi, ikan sarden segar dan terasi hiris.

Dari hasil pengujian menggunakan rapid test kit formalin didapatkan semua sampel ikan dan terasi yang telah diuji memenuhi syarat (MS) atau tidak mengandung formalin dan rhodamin B.

Kepala BPOM HSU, Bambang Hery, hasil uji dari rapid test kit formalin yang telah dilakukan, tidak ditemukannya bahan formalin dalam ikan segar, ikan asin, ataupun terasi.

Menurutnya, ini adalah tindak lanjut dari pelaksanaan operasi pasar pangan bebas dari bahan berformalin yang pernah digelar 13 November 2018.

Dari pemeriksaan saat itu memang ada ditemukan cumi kering berformalin di Pasar Modern Adaro Paringin.

"Jadi hari ini telah kami lakukan edukasi dan pengawasan, kita sudah bisa memastikan bahwa ikan segar, ikan asin, dan terasi yang beredar dinyatakan bebas bahan berbahaya formalin," tegasnya.

“Alhamdulillah dengan dinyatakannya hasil dari ikan basah atau kering yang beredar di Pasar Modern Adaro Paringin ini bebas dari bahan berbahaya formalin, maka tidak ada lagi rasa kekhawatiran untuk kita khususnya masyarakat," tambah Susiani selaku Kepala Bidang Penganekaragaman, Konsumsi dan keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan.

Penjualan ikan segar, ikan asin, dan terasi yang beredar di pasar modern Paringin ini patut untuk dipertahankan dan terus dilakukan pengawasan secara intensif guna memastikan tidak adanya bahan berbahaya. (*/Aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved