Berita HSS

Tinggal Desa Haratai Belum Berlistrik, Tapi Warga yang Tinggal Terpencar Masih Gelap

Proyek listrik jaringan PLN di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sebagian besar telah menyentuh desa-desa terpencil.

Tinggal Desa Haratai Belum Berlistrik, Tapi Warga yang Tinggal Terpencar Masih Gelap
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
ilustrasi listrik padam, warga terpaksa gunakan penerangan lilin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Proyek listrik jaringan PLN di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sebagian besar telah menyentuh desa-desa terpencil.

Khususnya di Kecamatan Loksado, dari sejumlah desa terpencil di wilayah pegunungan Meratus tersebut telah teraliri listrik. Namun, diakui, masih ada satu desa lagi yang belum berlistrik, yaitu Haratai.

“Sekarang masih dalam proses pemasangan jaringan. Saat ini sudah tahap pemasangan tiang listriknya,”kata Camat Loksado, Norifansyah, saat dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, Rabu (13/2/2019).

Namun, camat mengakui sebagian dari beberapa wilayah desa memang ada yang belum terjangkau listrik. Hal tersebut karena sebaran penduduknya yang tinggal berpencar, jumlah penduduk yang sangat sedikit, serta  jarak tempuh dan akses jalan yang sulit dijangkau dari tiang utama.

Baca: Kronologi Penangkapan Pengedar Sabu di Desa Binjau Pemangkih HST, Simpan Sabu di Kompor

 “Medannya memang sulit,” ungkap Norifansyah. UNtuk sebagian penduduk di desa yang tak terjangkau jaringan karena masalah tersebut, kata Camat diatasi dengan listrik tenaga surya.

Sementara KAdes Loksado, Khairul Sadikin, yang dihubungi mengakui, hampir semua desa sudah tersentuh jaringan listrik PLN. “Kalau yang belum ada listrik PLN, pakai tenaga surya atau tenaga air bantuani Pemprov Kalsel,”ungkapnya.

Baca: Pelajar HSS Dilarang Rayakan Hari Valentine, SMAN 1 Kandangan Tugaskan OSIS Memantau

Menurut Kades, ada beberapa titik yang menggunakan tenaga surya, seperti Kamawakan, Ulang dan Tumingki.

Namun, bagi warga yang tinggal jauh dari desa, sampai sekarang masih gelap. Ada salah satu titik yang sulit diakses, karena sulit bagi PLN jika membawa tiang listrik, bahkan naik sepeda motor juga tidak bisa karena sangat menanjak.

Jaraknya sekitar 15 kilometer dari LOksado. Jadinya masih gelap,”katanya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)  

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved