Berita Kalteng

Akibat Longsor, Jalur Palangkaraya- Gunungmas Terancam Putus, Bupati Arthon Pun Bertindak

Ruas jalan penghuhung antara Palangkaraya menuju Kuala Kurun, Kabupaten Gunungmas, Kalimantan Tengah, mengalami longsor dan belum ditangani

Akibat Longsor, Jalur Palangkaraya- Gunungmas Terancam Putus, Bupati Arthon Pun Bertindak
Banjarmasinpost.co.id/faturahman
Bupati Gunungmas, Arthon S Dohong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALA KURUN- Ruas jalan penghuhung antara Palangkaraya menuju Kuala Kurun, Kabupaten Gunungmas, Kalimantan Tengah, mengalami longsor dan belum ditangani oleh instansi terkait, sehingga membuat warga setempat was-was saat lewat jalan tersebut.

Jalan satu-satunya yang menghubungkan Palangkaraya menuju Gunungmas ini, rawan putus, karena tanahnya mengalami longsor yang jika tidak segera dilakukan pemasangan turap akan mengakibatkan jalan beraspal tergerus dan lalulintas jalur darat akan terputus.

Jalan yang mengalami longsor terdapat di wilayah Kuala Kurun Ibu Kota Kabupaten Gunungmas, yang sudah beberapa bulan ini longsor terus terjadi dan sangat mengkhawatirkan bagi pengendara yang melewatinya, karena jalan tersebut membelah bukit.

"Terus terang saja, ketika lewat jalan yang mengalami longsor itu, saya merasa was-was, karena takut, malah akan terjatuh ke bawah, karena jika beban kendaraan yang lewat terlalu berat sedangkan tanahnya lembek bisa saja ambles ke jurang, karena jalan itu membelah bukit," ujar Madiansyah, salah seorang warga Kuala Kurun, Rabu (14/2/2019).

Baca: Bandingkan Penghasilan Youtube Baim Wong Paula Verhoeven dan Raffi Ahmad Nagita Slavina, 1 Miliar?

Baca: Reaksi Maia Estianty Atas Video Viral Al Ghazali Diduga Dorong Alyssa Daguise, Ada Kisah Romantis

Baca: Mau Jadi Nyonya Reino Barack, Ibu Ketua RT Ungkap Perubahan Fisik Syahrini, Rahasia Foto SMA Incess

Bupati Gunungmas, Arthon S Dohong, saat dikonfirmasi membenarkannya, dia bahkan sudah berulang kali melaporkannya kepada Gubernur Kalteng, namun sampai saat ini jalan belum juga ditangani, padahal kondisinya rawan dan status jalan tersebut pemeliharaanya Provinsi," ujarnya.

Arthon berharap ada upaya yang dilakukan untuk perbaikan jalan tersebut paling tidak membangun turap yang ada di sampinya, sehinga jalan tidak ambruk ketika hujan lebat atau saat kendaraan lewat." Kami berharap ini bisa jadi perhatian Pemprov Kalteng agar jalan tersebut bisa aman dilewati dari bahaya longsor," ujarnya lagi.

Sementara itu, Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, dalam beberapa kali pertemuan dengan Bupati Gunungmas, berjanji akan melakukan penanganan jalan tersebut, dan sudah meminta kepada instansi terkait untuk melakukan pengecekan di lapangan sebagai prapenanganan jalan tersebut. "Dinas PUPR yang akan ke lokasi dan melakukan perencanaan perbaikan jalan tersebut," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved