Saraba Kawa

Anang Syakhfiani Ikut Tanam Padi di Sawah, Tingkatkan Pertanian Kecamatan Upau

Anang Syakhfiani ikut tanam padi di sawah, Tingkatkan pertanian Kecamatan Upau

Anang Syakhfiani Ikut Tanam Padi di Sawah, Tingkatkan Pertanian Kecamatan Upau
banjarmasin post group/ reni kurnia wati
Bupati Tabalong ikut tanam padi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani secara rutin mengunjungi warga yang berada di pelosok desa, selain melakukan dialog langsung dengan masyarakat juga melihat perkembangan program yang ada di desa. Seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Upau pada Rabu (13/02/2019).

Anang beserta rombongan mendatangi kelompok tani Desa Masingai I yang memiliki Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Pelita Abadi.

Program ini dilakukan untuk membantu petani mendapatkan harga jual yang lebih tinggi, dengan menjual karet kering dan bersih.

UPPB Pelita Abadi memiliki kendala mengenai permodalan dan Bupati Anang Syakhfiani berjanji untuk memberikan bantuan dana bergulir memberikan bantuan dalam bentuk dana bergulir melalui BPR sebesar Rp 5 miliar untuk lima UPPB di Kabupaten Tabalong. Kelima UPPB tersebut berada di Kecamatan Muara Uya, Haruai, Masingai, Wayau dan Pemarangan.

Bupati Tabalong dialog dengan kelompok tani masingai.
Bupati Tabalong dialog dengan kelompok tani masingai. (banjarmasin post group/ reni kurnia wati)

"Dan tahun ini kembali akan dibangun dua UPPB di Hayub dan Ribang dan terus kan dilanjutkan dibuka di daerah yang memang sentra produksi karet, dana bergulir diberikan Rp 5 miliar jika kurang akan ditambahkan lagi," ungkapnya.

Dana bergulir yang akan diberikan tanpa mensyaratkan jaminan dan diprioritaskan diberikan kepada UPPB yang telah memiliki gudang dan aktif dalam kegiatan.

Anang melanjutkan kunjungan ke petani tomat yang masih berada di Desa Masingai Kecamatan Upau, di lahan 1.200 meter persegi ini petani karet bisa panen tomat hingga 18 kali panen dengan total mencapai 6 ton tomat. Penjualan saat ini bukan hanya di Kabupaten Tabalong melainkan juga di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Untuk membantu memudahkan warga kami akan memberikan bantuan berupa hand tracktor yang bisa digunakan untuk pengolahan tanah untuk menanam sayuran," ujarnya.

Bupati Tabalong Anang panen tomat di lahan pertanian warga Desa Masingai
Bupati Tabalong Anang panen tomat di lahan pertanian warga Desa Masingai (banjarmasin post group/ reni kurnia wati)

Anang juga menyempatkan diri meninjau pintu air yang berada di perbatasan Desa Masingai dan Desa Bilas, pembangunan pintu air melalui Dinas Pertanian ini diharapkan dapat membantu warga untuk mengairi area persawahan. Saat ini petani sudah bisa tanam sebanyak tiga kali dalam satu tahun.

"Karena pengairan sudah teratasi kami berharap petani bisa mengembangkan lahan pertanian ini, misalnya di lahan kosong pinggiran sawah bisa ditanami rambutan," ujarnya.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri oleh dinas terkait, Kapolsek dan Koramil dan anggota komisi dua DPRD Tabalong Mursalin.  Anang dan rombongan juga sempat ikut menanam padi di lahan persawahan. (*/AOL)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved