Berita Kalteng

Cukup Bawa KTP dan KK Warga Barsel Bisa Berobat Gratis, Bupati Gelontor Rp24 Miliar

Warga Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah , mengharapkan tetap mendapatkan pelayanan kesehatan gratis untuk pelayanan kesehatan

Cukup Bawa KTP dan KK Warga Barsel Bisa Berobat Gratis, Bupati Gelontor Rp24 Miliar
Banjarmasinpost.co.id/faturahman
Rumah sakit Jaragas Sasameh Buntok, Kabupaten Barito Selatan, saat dilakukan peninjauan oleh Bupati H Eddy Raya Samsuri, belum lama tadi. 

BANJARMASINPOST CO.ID, BUNTOK - Warga Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah , mengharapkan tetap mendapatkan pelayanan kesehatan gratis untuk pelayanan kesehatan di rumah sakit atau puskesmas setempat dalam tahun 2019 ini.

Pasalnya, selama ini, warga merasa diberikan keringanan dalam berobat karena ada jaminan kesehatan yang diberikan oleh pihak rumah sakit atau puskesmas setempat hanya dengan menunjukkan KTP atau nik dan kartu keluarga (KK) sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Ini tentu karena adanya program Universal Health Coverage (UHC) yang diterapkan oleh Pemkab Barsel dalam menjamin kesehatan warga setempat, sebab itu, warga berharap pelayanan tersebut terus berlanjut, sehingga tidak hanya berhenti begitu saja, karena warga sudah merasa terlayani dengan baik.

Untuk memastikan Universal Health Coverage terwujud pada 2019, BPJS Kesehatan terus berupaya mendorong laju pertumbuhan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), dari segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) alias peserta mandiri, peserta Pekerja Penerima Upah (PPU), hingga peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditanggung Pemerintah Daerah (Pemda).

Baca: Ani Yudhoyono Lagi Berjuang Melawan Kanker Darah, Mbah Mijan Berkata Tak Biasanya Terkait Istri SBY

Baca: Warga NTT Kaget Campur Takut! Ayam Baru Disembelih, di Hatinya Muncul Tulisan 2020 dan 10D2E01

Baca: Mau Jadi Nyonya Reino Barack, Ibu Ketua RT Ungkap Perubahan Fisik Syahrini, Rahasia Foto SMA Incess

"Kami cukup nyaman dalam medapatkan pelayanam kesehatan selama ini, karena untuk berobat hanya menunjukkan NIK KTP dan Kartu Keluarga sudah dapat pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas maupun rumah sakit.Diharapkan, pelayanan ini lebih baik lagi dalam tahun 2019 ini," ujar Fahrurazi, warga Buntok, Rabu (14/2/2019).

Sementara itu, Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri, mengatakan, selama ini pihaknya menggelontor dana untuk program pelayanan kesehatan sebanyak Rp 24 miliar untuk 140 ribu lebih warga mendapatkan pelayanan berobat gratis untuk tahun 2018.

"Dalam awal tahun ini juga akan dilanjutkan lagi untuk masyarakat kurang mampu diberikan dana Rp8 miliar, program UHC mampu mendongkrak PAD, sehingga dalam perubahan anggaran tahun ini ditambahkan Rp12 miliar sehingga program pelayanan kesehatan gratis tetap berlanjut," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved