Berita Banjarmasin

Jadwal UNBK Barengan dengan Pileg dan Pilpres 2019? Cek Penjelasan Dinas Pendidikan Kalsel

Jadwal UNBK Barengan dengan Pileg dan Pilpres 2019? Cek Penjelasan Dinas Pendidikan Kalsel

Jadwal UNBK Barengan dengan Pileg dan Pilpres 2019? Cek Penjelasan Dinas Pendidikan Kalsel
Foto dari MA Thalabul Irsyad
Pelaksanaan simulasi UNBK di Madrasah Aliyah Thalabul Irsyad, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Jadwal UNBK Barengan dengan Pileg dan Pilpres 2019? Cek Penjelasan Dinas Pendidikan Kalsel

Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA yang biasanya di tahun tahun sebelumnya di gelar Mei, tahun ini maju.

Dijadwalkan pada 1 April UNBK untuk siswa siswi SLTA sederajat dimulai atau maju dua dari biasanya yang pertengahan April.

Menurut Kabid Bina SMA Disdikbud Kalsel, Muhammadun dimajukan dimulai 1 April tersebut dikarenakan untuk menghindari dari pemilihan presiden RI (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). "Selain itu juga mengingat untuk menghindari masuknya bulan puasa," kata Muhammadun.

Dijelaskan dia lebih jauh, bahwa kesiapan kini sudah dilaksanakan di tiap satuan pendidikan dan sudah siap 90 persen.

"Kami Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan tetap 100 persen dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA dan sederajat tahun ajaran 2018/2019 ini," kata Muhammadun.

Baca: Reaksi Tak Terduga Iriana Jokowi Saat Mobil Presiden Joko Widodo Diadang Massa Pendemo

Baca: Surat Ahmad Dhani ke Wanita Lain Selain Mulan Jameela dan Maia Estianty Saat Dipenjara, Curhat?

Baca: Jelang Debat Capres kedua Pilpres 2019, Intip Strategi kubu Jokowi dan Prabowo Tentang Tema Debat

Baca: Blak-blakan Ratu Tisha Destria Soal Isu Boneka PSSI dan Pengaturan Skor di Liga Indonesia

Dijelaskannya pelaksanaan UNBK terbukti biaya lebih murah dan nilai rata-rata peserta UNBK lebih baik. Ia mencontohkan pemerintah daerah harus merogoh kocek miliaran rupiah untuk pendistribusian soal UNBK hingga satuan pendidikan.

Jika melihat pada tahun ajaran 2017/2018 sekolah pelaksana UNBK SMA sebanyak 183 sekolah, dengan rincian 147 sekolah mandiri dan 36 sekolah bergabung. Sekolah pelaksana UNBK MA sebanyak 152 sekolah, dengan rincian 102 sekolah mandiri dan 50 sekolah bergabung.

Sekolah UNBK SMK sebanyak 121 sekolah, dengan rincian 106 sekolah mandiri dan 15 sekolah bergabung.

Ada peningkatan secara komulatif, dimana pada tahun 2018/2019 ini, jumlah penyelenggaran UNBK mandiri lebih banyak. Untuk SMA Mandiri sebanyak 166 dan SMA Bergabung; hanya 23 sekolah saja.

Siswa SMPN 1 Tapin Tengah dan SMPN 2 Piani di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan terpaksa ikut simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Rantau.
Siswa SMPN 1 Tapin Tengah dan SMPN 2 Piani di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan terpaksa ikut simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Rantau. (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Sementara untuk MA yang mandiri ada sebanyak 35 madrasah dan sedangkan MA Bergabung 123 madrasah.
Adapun SMK Mandiri sebanyak 110 sekolah, seangkan untuk SMK Bergabung 12.

"Karena disdik juga selalu suport untuk komputer karena itu pelaksanaan UNBK mandiripun kian bertambah. Dan komputer yang ada itu bukan hanya untuk UNBK saja tapi juga untuk kegiatan di sekolah," kata Muhammadun

Dijelaskan Muhammadun, untuk peserta UNBK di tahun ajaran kali ini untuk SMA sebanyak 21.823 peserta. Untuk MA sebanyak 10.163 peserta, sedangkan SMK ada sebanyak 16.425 peserta," urai Muhammadun.

Kepala SMAN4 Banjarbarmasin, Tumiran menjelaskan bahwa di sekolahnya ada sebanyak 239 peserta UNBK di tahun ajaran 2018/2019 ini. "Kita bagi tiga sesi sebab sekolah kami masih punya 80 komputer," kata Tumiran.

Tumiran juga memonitor lebih majunya jadwal UNBk di tahun ini karena di pertengahan April ada jadwal Pilpres dan Pileg. "Tapi meski dimajukan kita Isya Allah siap. Simulasi sudah kita lakukan dan akan ada dua simulasi lagi sebelum UNBK aslinya," kata dia. (banjarmasinpost.co.id/ nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved