Berita Banjarmasin

Masuk Kategori Rusak Berat, Tahun ini Jalan di Komplek Lumba-Lumba akan Diperbaiki

Masuk Kategori Rusak Berat, Tahun ini Jalan di Komplek Lumba-Lumba akan Diperbaiki

Masuk Kategori Rusak Berat, Tahun ini Jalan di Komplek Lumba-Lumba akan Diperbaiki
banjarmasin post group/ isti rohayanti
Kondisi jalan di Komplek Lumba-Lumba, Jalan Yos Sudarso Banjarmasin yang dikategorikan rusak berat 01, Kamis (14/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komplek Lumba-Lumba Jalan Yus Sudarso, Banjarmasin, Kalsel dikategorikan sebagai jalan yang rusak berat oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin. Hal itu diutarakan oleh Kepala Bidang Jalan, Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Chandra IW.

Ia mengatakan ada beberapa kategori yang 2019 ini akan dilakukan perbaikan, peningkatan dan pemeliharaan jalan. Diperkirakan sekitar 10 paket program pada lima kecamatan yang akan dikerjakan oleh bidang jalan pada 2019. Satu di antaranya ialah jalan di Komplek Lumba-Lumba, Banjarmasin.

Dari pantauan Banjarmasinpost.co.id, Kamis (14/2/2019) kondisi jalan di Komlek Lumba-Lumba memang terlihat rusak. Banyak lubang yang terisi air berwarna coklat di jalan tersebut.

Pengendara pun harus berhati-hati dan mengemudi secara pelan saat melintas. Karena adanya bebatuan dan lubang yang tak bisa dihindari.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Timnas U-22 Indonesia Vs Myanmar via Live Streaming RCTI Piala AFF U-22 2019

Baca: 5 Fakta Dokter Istri SBY, Ani Yudhoyono, Terawan Agus Putranto yang Dikirim Jokowi Rawat Ibunda AHY

Terlepas dari itu, menurut data yang disampaikan oleh Chandra tahun ini lebih 750 kilometer panjang jalan di Banjarmasin, sekitar 80 kilometer akan ditingkatkan termasuk jalan lingkungan. Jalan tersebut dikategorikan pada empat kondisi, yakni kondisi baik, sedang, rusak ringan dan rusak berat.

Saat ini sebutnya jalan yang sudah kondisi baik mencapai 27 persen, sedang 41 persen, rusak 26 persen dan rusak berat 3,5 persen. “Tentunya ini ada terjadi pergeseran mungkin karena musim hujan yang awalnya rusak ringan jadi rusak sedang dan akan kami pelihara,” jelasnya.

Tahun 2019 ini, pagu anggaran yang disediakan untuk penanganan jalan tersebut mencapai Rp 55 miliar. Angka itu ujar Chandra sudah termasuk dengan pagu anggaran yang disediakan untuk tritiar di Jalan A Yani Banjarmasin.

Baca: Jelang Debat Capres kedua Pilpres 2019, Intip Strategi kubu Jokowi dan Prabowo Tentang Tema Debat

Baca: Reaksi Tak Terduga Iriana Jokowi Saat Mobil Presiden Joko Widodo Diadang Massa Pendemo

Dari semua jalan yang direncanakan akan diperbaiki, sebutnya tidak ada satupun prioritas. Namun perbaikan jalan tersebut merupakan data yang diperoleh dari usulan kelurahan dan kecamatan pada Musrembang yang digelar untuk pembangunan tahun 2019.

Chandra menjelaskan, karena anggaran terbatas, sehingga tidak bisa dilakukan perbaikan pada semua jalan. Melalui Musrembang itulah bisa ditentukan mana jalan yang akan ditingkatkan.

(banjarmasinpost.co.id/ isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved