Berita Kabupaten Banjar

Media Center Kabupaten Banjar Raih Predikat Terbaik Tiga Tahun Berturut-Turut

Keberadaan Media Center Kabupaten Banjar sebagai sarana pengelolaan penyebaran informasi dan komunikasi publik tak diragukan lagi.

Media Center Kabupaten Banjar Raih Predikat Terbaik Tiga Tahun Berturut-Turut
Kominfo Kabupaten Banjar
Media Center menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rabu (13/2). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Keberadaan Media Center Kabupaten Banjar sebagai sarana pengelolaan penyebaran informasi dan komunikasi publik tak diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan kembali diraihnya penghargaan sebagai tiga Media terbaik selama tiga tahun berturut-turut.

Jika sebelumnya berhasil memperoleh predikat sebagai media center terbanyak dalam kontibusi foto daerah tahun 2016, dan terbanyak kedua pada tahun 2017, maka pada kurun waktu penilaian 2018 Media Center Kabupaten Banjar mendapat penghargaan sebagai Media Center terbaik ketiga katagori kontribusi foto.

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Pengelolaan Media, Siti Meiningsih mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara kepada Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Banjar, HM. Farid Soufian di Amaroossa Hotel, Bogor, Rabu (13/2/2019).

Pada tahun ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan penghargaan kepada 28 media center terbaik. Lima media center untuk kategori berita teraktif provinsi, sepuluh media center kategori berita teraktif tingkat kabupaten dan kota, sepuluh media center kategori foto teraktif untuk tingkat provinsi, kabupaten dan kota serta tiga media center kategori foto pelayanan terbaik 2018.

Baca: Ani Yudhoyono Lagi Berjuang Melawan Kanker Darah, Mbah Mijan Berkata Tak Biasanya Terkait Istri SBY

Baca: Mau Jadi Nyonya Reino Barack, Ibu Ketua RT Ungkap Perubahan Fisik Syahrini, Rahasia Foto SMA Incess

Baca: Warga NTT Kaget Campur Takut! Ayam Baru Disembelih, di Hatinya Muncul Tulisan 2020 dan 10D2E01

Dikatakan oleh Meiningsih, bahwa dalam pengelolaan komunikasi publik sebagaimana tertuang dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2015 bahwa regulasi kebijakan di bidang informasi dan komunikasi yang utama adalah pengelolaan data dan informasi, manajemen isu, memproduksi konten seperti berita, rilis, tabloid, majalah dan lainnya. Selain itu juga melakukan desiminasi informasi melalui media massa, media sosial, media publik, kemitran, tatap muka, media luar ruang dan lainnya.

“Media center yang tersebar di 251 daerah kabupaten dan kota di Indonesia ini, merupakan potensi besar terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi,” jelasnya.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Banjar HM Farid Soufian usai menerima penghargaan bersyukur bahwa Media Center Kabupaten Banjar tetap bisa berkiprah dalam melakukan fungsi desiminasi informasi publik.

“Meski tahun ini berada pada posisi ketiga, turun satu tingkat dari tahun lalu, namun berita dan foto yang dikirimkan jauh meningkat dibanding tahun sebelumnya,” jelas Farid yang kemarin didampingi Kabid Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik, Heru Pitaya, Aksi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik, M. Hamdani serta Kasi Hubungan Media, Paminto, Arie Nugroho.

Farid menambahkan, Media Center Banjar akan terus dikembangkan sebagaimana fungsinya yaitu desiminasi atau penyebaran informasi publik terkait kinerja pemerintah daerah, sebagai wadah bagi para jurnalis di daerah dalam mengolah dan berita, sebagai sarana pembelajaran serta sebagai tempat layanan informasi publik.

Selain pemberian penghargaan acara kemarin juga diisi dengan dialog seputar pengayaan portal berita infopublik, serta peningkatan SDM media center oleh sejumlah jurnalis ternama seperti Daru Priambodo dan Suharyadi dari Majalah Tempo serta Redpel InfoPublik Ahmed Kurnia. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved