Berita HSU

Usai Diberi Arahan Anti Narkoba, Tiba-tiba Semua Pegawai Lapas Amuntai Jalani Tes Urine

Pemeriksaan urine pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel, digelar Kamis (15/2/2019).

Usai Diberi Arahan Anti Narkoba, Tiba-tiba Semua Pegawai Lapas Amuntai Jalani Tes Urine
banjarmasin post group/ dony usman
Petugas Lapas Amuntai HSU, melakukan tes urine, Kamis (14/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pemeriksaan urine pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel, digelar Kamis (15/2/2019).

Pelaksanaan tes urine dilakukan secara mendadak, setelah awalnya semua petugas dikumpulkan di aula Lapas Amuntai untuk mendapatkan pengarahan.

Pengarahan berlangsung sekitar satu jam dari Kepala Lapas Amuntai Mohammad Yahya, yang menyinggung soal anti narkoba dan kedisiplian dalam bekerja.

Saat pengarahan berakhir inilah, secara tiba-tiba kalapas memberitahukan bila kegiatan dilanjutkan dengan melakukan tes urine untuk semua pegawai, tak terkecuali untuk dirinya.

Dari pantauan banjarmasinpost.co.id, pelaksanaan tes urine dilakukan di depan ruang kalapas di lantai atas bangunan depan.

Baca: NEWSVIDEO : 103 Handphone Barang Sitaan Hasil Razia di Lapas Amuntai Dimusnahkan

Secara bergiliran seluruh pegawai termasuk kalapas mengisi surat pernyataan dan juga alat tes urine yang bisa mendeteksi 8 macam kandungan.

Dalam tes urine ini terdata ada 41 orang yang ikut, sedangkan petugas yang belum ikut sebanyak 41 orang dari total 57 orang pegawai yang ada di Lapas Amuntai.

Untuk pegawai yang tidak hadir sebanyal 16 orang, terdiri dari 4 orang sedang tugas BKO di Rutan Tanjung dan Lapas Banjarbaru, 10 orang karena istirahat setelah tugas dinas malam serta 2 orang izin sakit.

"Alhamdulillah hasilnya tadi semua negatif, dan bagi yang belum ikut hari i i nanti juga akan diperiksa," kata Kalapas Amuntai, Mohammad Yahya.

Petugas Lapas Amuntai, HSU, melakukan tes urine secara mendadak, Kamis (14/2/2019)
Petugas Lapas Amuntai, HSU, melakukan tes urine secara mendadak, Kamis (14/2/2019) (banjarmasin post group/dony usman)

Ditegaskannya, tes urine ini sudah beberapa kali dilakukan dan kali ini dilaksanakan dengan menggunakan alat tes dari Dirjen Pemasyarakatan yang bisa mendeteksi delapan jenis kandungan.

Baca: Fatmathalia, Mahasiswi Kedokteran ULM Wakili Kalsel di Ajang Putri Indonesia 2019, Ini Prestasinya

Tujuannya pelaksanaan tes urine ini sebagai komitmen Lapas Amuntai untuk perang terhadap narkoba.

"Jangan sampai ada keterlibatan petugas, baik sebagai pengguna maupun peredaran. Bila ada terbukti maka akan dikenakan sanksi tegas," ucapnya.(banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved