Ekonomi dan Bisnis

Harga Tiket Turun 20 Persen, Tiket Garuda, Citilink & Sriwijaya Dihitung-hitung Masih di Atas 1 Juta

Garuda Indonesia Group yang terdiri atas Garuda, Citilink dan Sriwijaya Air menurunkan tarif untuk semua rute sebesar 20 persen.

Harga Tiket Turun 20 Persen, Tiket Garuda, Citilink & Sriwijaya Dihitung-hitung Masih di Atas 1 Juta
rahmadhani
Pramugari cantik Garuda Indonesia membaca Majalah "Exploring South Borneo" . 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Garuda Indonesia Group yang terdiri atas Garuda, Citilink dan Sriwijaya Air menurunkan tarif untuk semua rute sebesar 20 persen. Namun penurunan itu tidak sesuai dengan harapan Asosiasi Agen Perjalanan Wisata (Asita) Kalsel dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalsel.

Sekretaris Asita DPD Kalsel, Siti Aisyah, menilai penurunan 20 persen tersebut belum menjanjikan. “Penurunan 20 persen itu masih tidak menjanjikan, kalau mau turun harusnya harganya di bawah satu juta. Ini harganya masih mahal di atas Rp 1 juta, dari Banjarmasin ke Jakarta,” ujar pemilik Camesa Travel ini.

Terpisah Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Selatan, Supriadi, menilai penurunan 20 persen itu masih belum maksimal.

“Penurunan 20 persen ini masih belum maksimal dan tidak logis, karena kenaikannya kemarin lebih dari 100 persen,” ujar Supriadi, disela-sela kegiatan dialog interaktif mengenai masih mahalnya harga tiket penerbangan, Kamis (14/2).

Menurut Supriadi, alasan penurunan ini juga tidak logis, karena komponen pada penerbangan itu 40 persen pada avtur (bahan bakar).

“Kalau alasannya ada kenaikan avtur, maka harga tiket naik maksimal 40 persen. Tapi kenyataannya sejak Januari 2019 harga avtur mulai turun,” ujarnya.

Baca: Jelang MotoGP 2019, Ayah Valentino Rossi Sebut di Usia 40 Tahun Anaknya Dalam Kondisi Terbaik

Baca: Hasil Lengkap Liga Europa - Hanya 2 Klub Top Eropa yang Berhasil, Napoli dan Valencia

Baca: Hasil Babak 32 Besar Liga Inggris - BATE Bikin Malu Arsenal, Lacazette Dihadiahi Kartu Merah

Bagi pihak Garuda, penurunan tarif ini sejalan de­ngan komitmen dan upaya peningkatan akses konektivitas udara bagi masyarakat.

“Garuda Indonesia Group melalui lini layanan full service Garuda Indonesia dan Low Cost Carrier (LCC) Citilink Indonesia serta Sriwijaya Air-NAM Air Group mengumumkan penurunan harga tiket di seluruh rute penerbangan sebesar 20 persen mulai hari ini (Kamis 14/2),” kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Ari Ari Askhara, Kamis (14/2).

Ari menyebutkan penurunan tarif tiket pesawat ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi awal Indonesia National Air Carrier Association (INACA) yang sebelumnya baru berlaku di beberapa rute penerbangan.

“Hal tersebut sejalan de­ngan aspirasi masyarakat dan sejumlah asosiasi industri nasional serta arahan Bapak Presiden RI mengenai penurunan tarif tiket penerbangan dalam mendukung upaya peningkatan sektor perekonomian nasional khususnya untuk menunjang pertumbuhan sektor pariwisata, UMKM, hingga industri nasional lainnya, mengingat layanan transportasi udara memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan perekonomian,” ujarnya.

Baca: Warga NTT Kaget Campur Takut! Ayam Baru Disembelih, di Hatinya Muncul Tulisan 2020 dan 10D2E01

Baca: Iriana Istri Jokowi Menangis Mendengar Jeritah Ibu Ini, Mobil Presiden Dihadang Pendemo yang Lapar

Baca: Sama-sama Kesepian Akibat Tsunami, Juliana Moechtar-Ifan Seventeen Dijodokan, Juliana Merasakan Ini

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved