Serambi Mekkah

Bantu Jemaah Haul Guru Sekumpul, PD Pasar Pemkab Banjar Siapkan Tempat Inap

Bantu Jemaah Haul Guru Sekumpul, PD Pasar Pemkab Banjar Siapkan Tempat Inap

Bantu Jemaah Haul Guru Sekumpul, PD Pasar Pemkab Banjar Siapkan Tempat Inap
banjarmasin post group/ idda royani
Keluarga besar PD Pasar Bauntung Batuah kerja bakti membersihkan lingkungan PPS, Jumat (15/02/2019) pagi. Sebanyak 50 unit kios di lingkungan setempat disediakan untuk tempat inap jemaah haul Guru Sekumpul. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, haul ke-14 Guru Sekumpul tahun ini (2019) juga mendapat perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Banjar.

Selain membenahi infrastruktur di seluruh jalur lalu lintas jemaah haul, Pemkab Banjar juga membantu menyediakan sejumlah fasilitas lainnya. Di antaranya penyediaan tempat inap yang ditangani melalui Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah.

Cukup banyak tempat inap yang disediakan perusahaan 'pelat merah' milik Pemerintah Kabupaten Banjar tersebut. "Sebanyak 50 unit kios yang kami siapkan untuk tempat inap jemaah haul Guru Sekumpul tahun ini," ucap Direktur Utama PD Pasar Bauntung Batuah Rusdiansyah, Sabtu (16/02/2019).

Dikatakannya, kios terbuka tersebut berada di lingkungan Pusat Perelanjaan Sekumpul yang berada di jalur strategis yakni di tepi Jalan Ahmad Yani, Martapura. Letaknya juga tak terlalu jauh dari makam Guru Sekumpul di Jalan Sekumpul, Martapura.

Dari 50 unit kios yang disiapkan untuk tenpat inap jemaah haul tersebut, total kapasitasnya 400 orang. "Saat ini telah terpesan seluruhnya karena memang sangat tinggi animo jemaah haul yang akan datang ke Martapura," ucap Rusdiansyah.

Pihaknya tak cuma sebatas menyediakan unit kios tersebut begitu saja. "Kami juga akan membantu melengkapi kebutuhan pokok para jemaah tersebut seperti penyediaan air bersih dan fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus)-nya. Ternasuk untuk wudhu dan salat. Fasilitas itu nanti kami siapkan berdekatan dengan pertokoan itu," bebernya.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan jemaah untu menempatinya? "Tidak ada, gratis. Termasuk semua fasilitas yang nanti kami sediakan, gratis. Jadi, jemaah tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun," tegas Rusdiansyah.

Persiapan pun saat ini mulai dilakukan oleh PD Pasar Bauntung Batuah. Jumat (15/02/2019) pagi kemarin mereka bergotong-royong membersihkan lingkungan PPS tersebut. Rerumputan yang ada di sekitar unit pertokoan mereka bersihkan, termsuk kotoran lainnya seperti sampah.

"Mudah-mudahan para jemaah nantinya bisa merasa nyaman oleh pelayanan kami. Semoga kami juga selalu diberikan kemudahan dan kesehatan," pungkas Rusdiansyah.

Sementara itu Ketua Posko PPS Mailani menimpali semua kebutuhan jemaah kelak juga bisa dilakukan di PPS. "Di tempat ini nanti juga disediakan tempat untuk salat serta layar lebar," tandasnya. (*/aol)

Penulis: Idda Royani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved