Berita Tapin

Menteri Pertanian Bakal Panen Padi di Dua Desa Kabupaten Tapin ini

Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Amran Sulaiman bakal merayakan panen padi di Kabupaten Tapin, akhir Februari ini.

Menteri Pertanian Bakal Panen Padi di Dua Desa Kabupaten Tapin ini
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Wagimin, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Amran Sulaiman bakal merayakan panen padi di Kabupaten Tapin, akhir Februari ini.

Kabar gembira itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, Wagimin usia menemani Bupati Tapin, HM Arifin Arpan meninjau lokasi panen padi.

Wagimin mengaku menyiapkan dua lokasi panen padi, yaitu di Desa Lokpaikat, Kecamatan Lokpaikat dan Desa Tirik Kecamatan Tapin Tengah.

Kedua desa itu, diakui Wagimin sebagai sentra produksi padi di Kabupaten Tapin.

Itu karena selama ini hamparan tanaman padanya di atas 1000 hektare lebih.

"Kepastian dari dua desa yang disiapkan sebagai lokasi panen padi itu, masih menunggu tim dari Kementerian Pertanian," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id dan sejumlah wartawan lainnya.

Baca: Tangis Nagita Slavina Untuk Raffi Ahmad Disaksikan Asisten Sebelum Perayaan Ulang Tahun

Baca: Iis Dahlia Sebut Ayu Ting Ting Sedang Berbahagia Kala Posting Kuasa Tuhan Usai Liburan Dari Turki

Baca: Reaksi Suami Paula Verhoeven, Baim Wong Pada Lagu Gen Halilintar yang Trending di Youtube

Baca: Mau Jadi Artis Malah Disuruh Cuci CD, Berikut 6 Kekejaman Mak Vera Mantan Manajer Olga Syahputra

Wagimin mengaku kunjungan rombongan Menteri Pertanian itu sekaligus melihat Serasi, kependekan dari program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani.

Menurut Wagimin, program Serasi itu hanya di tiga provinsi, yaitu Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

Khusus di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) hanya di Kabupaten Banjar, Batola, Tanahlaut dan Tapin.

Menteri Pertanian akan meluncurkan program baru, yaitu tata kelola pengairan di wilayah Serasi. Kabupaten Tapin menerima program bantuan Serasi itu seluas 35 ribu hektare di lima kecamatan, meliputi Binuang, Tapin Selatan, Tapin Tengah, Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara, jelasnya.

Sementara itu, Fadli Rahman, Kepala Desa Tirik, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalsel, mengatakan tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Tapin sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Tirik melakukan persiapan penyambutan.

"Bupati Tapin sudah juga melihat kondisi pertanian di Desa Tirik. Pertanian di Desa Tiriknya ini setahu dua kali panen dan hamparan padanya ribuan hektare. Tahun 2014 lalu juga dilaksanakan panen raya di Desa Tirik," katanya dikonfirmasi, Minggu (17/2/2019).

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved