Saraba Kawa

Kabupaten Tabalong Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Anang Syakhfiani: Bangun Poskesdes

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani terus memantau jalannya program pembangunan di Kabupaten Tabalong, termasuk pada bidang Kesehatan.

Kabupaten Tabalong Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Anang Syakhfiani: Bangun Poskesdes
Humas Pemkab Tabalong
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani sat di Pustu Desa Sungai Rukam I. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani terus memantau jalannya program pembangunan di Kabupaten Tabalong, termasuk pada bidang Kesehatan.

Pada tahun 2018 Pemerintah Daerah Tabalong melalui Dinas Kesehatan membangun sarana kesehatan.

Salahsatunya adalah di Kecamatan Benua Lawas dan Pugaan dengan membangun Poskesdes di Desa Bungin Kecamatan Benua Lawas.

Poskesdes yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp 300 juta ini sudah rampung dibangun.

Anang menambahkan proses untuk pembangunan Poskesdes juga hasil dari kerjasama dengan pihak desa yang telah menyediakan lahan.

Dengan dibangunnya Poskesdes ini diharapka dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "Warga bisa lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, Poskesdes akan diisi oleh Bidan desa sehingga bisa melayani warga selama 24 jam," ujarnya.

Baca: BREAKING NEWS - Warga Hampang Kotabaru Gempar, Temukan Mayat, Tubuh dan Kepala Terpisah 4 Kilometer

Baca: Jadwal Piala Indonesia - Masuk Grup E, Ini Penilaian Jacksen F Tiago Soal Calon Lawan Barito Putera

Baca: Link Live Streaming Jawapos TV Persela Lamongan vs Bali United di Piala Indonesia 2018 Jam 19.00 WIB

Baca: Jadwal Chelsea vs Manchester United di Piala FA Malam ini, TIdak Disiarkan Langsung di TV Nasional

Anang juga memantau pembangunan ruang bersalin di Puskesmas Pugaan, dengan adanya ruang bersalin para ibu yang melahirkan bisa ditangani dengan lebih baik.

Ruang bersalin selain memiliki fasilitas yang lengkap seperti persediaan incubator dan bed, ruangan juga dibuat senyaman mungkin menggunakan pendingin ruangan. Dalam satu bulan bisa menangani persalinan sekitar 10 pasien.

"Pelayanan ibu dan anak di Kecamatan Benua Lawas dan Pugaanang tergolong bagus, karenanya kami juga bantu dalam penuediaan sarana," ujarnya.

Dinas Kesehatan juga membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Sungai Rukam I dengan anggaran Rp 400 juta. Pustu membantu fungsi Puskesmas Pugaan yang juga menerima langsung pengobatan warga.

Sebagian besar pasien yang datang untuk berobat dengan keluhan gangguan pernafasan.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Taufiqurrahman mengatakan pembangunan Poskesdes di Desa Bungin, ruang bersalin Puskesmas Pugaan dan Pustu Desa Sungai Rukam merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Warga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah dan nyaman dari fasilitas pertama sebelum dirujuk ke rumah sakit. "Dengan mudah dijangkaunya layanan kesehatan, warga menjadi lebih mudah memeriksakan kesehatan sehingga penyakit yang diderita pun bisa diketahui lebih dini," ujarnya. (Adv)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved