Serambi Mekkah

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Banjar Segera Operasikan Armada PSC Intan Banjar 119

Layanan ini disiagakan selama 24 jam guna membantu masyarakat Kabupaten Banjar yang membutuhkan bantuan penanganan kesehatan.

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Banjar Segera Operasikan Armada PSC Intan Banjar 119
Ikhwansyah untuk Banjarmasinpost.co.id
Armada PSC 119 yang akan dioperasionalkan Maret 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan. Dalam waktu segera Public Safety Center (PSC) Intan Banjar 119 akan dioperasionalkan.

Layanan ini disiagakan selama 24 jam guna membantu masyarakat Kabupaten Banjar yang membutuhkan bantuan penanganan kesehatan. Pengoperasionalan layanan kesehatan secara mobile tersebut akan dimulai pekan pertama Maret mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Banjar Ikhwansyah, Senin (18/02/2019), mengagakan siapa saja bisa memanfaatkan layanan 119 itu. "Tiap saat jika memerlukan bantuan penanganan kesehatan, silakan hubungi nomor 08126112199," ucapnya.

Saat ini telah disiapkan satu unit armada berupa mobil ambulans bantuan dari Bank Kalsel. Dinkes Banjar menyiagakan empat orang petugas yang secara khusus akan melayani masyarakat yang memerlukan bantuan kesehatan.

Warga Banjar yang memerlukan bantuan kesehatan bisa langsung mendatangi posko Layanan 119 di halaman kantor Dinkes Banjar di Jalan A Yani, Martapura, atau menghubungi via telepon. "Bagi yang jauh dan dalam kondisi darurat misalnya ada orang tabrakan atau lainnya, bisa menelepon dan petugas kami akan segera datang membantu," tandas Ikhwansyah.

Ia menegaskan layanan tersebut diberikan secara cuma-cuma atau gratis. Karenanya, masyarakat yang memerlukan bantuan tak perlu ragu. Empat orang petugas yang disiagakan di posko tiap saat siap turun ke lapangan hingga mengantar ke tempat penanganan atau pengobatan seperti ke rumah sakit.

Tahap awal, jelas Ikhwansyah, layanan Kesehatan 119 tersebut dioperasionalkan di wilayah Kota Martapura. Kelak jika ada tambahan armada layanan akan diperluas hingga menjangkau di wilayah luar kota.

Pihaknya juga telah mengajukan permohonan bantuan pengadaan armada (ambulans) ke pemerintah pusat. "Mudah-mudahan dalam anggaran perubahan tahun ini atau tahun depan sudah bisa terealisasi. Jadi, layanan yang diberikan kepada masyarakat bisa lebih luas," ucap Ikhwansyah. (*/Aol)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved