Berita Tanahlaut

NEWS VIDEO : Nelayan Pagatan Besar Kecamatan Takisung Protes, Ini Daftar Keluhannya

NEWS VIDEO : Nelayan Pagatan Besar Kecamatan Takisung Protes, Ini Daftar Keluhannya

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Puluhan nelayan Pagatan Besar Kecamatan Takisung mengenakan pita merah melakukan demo di kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanahlaut.

Sejak pagi, para nelayan yang datang mengendarai mobil datang dan langsung disambut oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanahlaut dan Dislutkan Kalsel serta Sakter DSDKP Kementerian Kelautan.

Puluhan nelayan yang datang pun langsung diajak masuk untuk menyampaikan keluhannya ke pemerintah.

"Ini masalah mata pencaharian kami, kami merasa terganggu dengan nelayan dari luar daerah yang juga ikut mengambil kepiting dan rajungan di perairan Kalsel," terang salah satu nelayan, Akhyar kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (19/2/2019).

Pasalnya terang Akhyar nelayan dari luar daerah memakai kapal lebih besar dan juga alat tangkap yang berbeda dengan mereka.

Baca: Giat Minggu Militer di Kodim 1002 Barabai, Mulai Patroli Keamanan Hingga Pemeriksaan Mayat

"Kami pakai jaring tebar sedangkan mereka pakai bubu jadi jaring kami selalu tersangkut dan hilang karena alat tangkap mereka," sebutnya.

Selain itu terangnya ukuran lubang alat tangkap terangnya juga berbeda. Jika jaring yang digunakan para nelayan Pagatan Besar yang tergabung dalam kelompok nelayan Kuda Laut berdiameter enam inchi maka diameter lubang alat tangkap bubu milik nelayan luar daerah sangat kecil sehingga kepiting dan rajungan kecil pun turut terjaring dalam bubu.

"Kita khawatir kelestarian kepiting dan rajungan di kawasan itu malah tidak lestari dan tak bisa diambil lagi untuk tahun berikutnya," ujarnya.

Tambah nelayan lain, Nahwani sudah dua tahun ini nelayan dari daerah lain masuk ke perairan Kalsel di Tanahlaut. Akibatnya hasil tangkapan nelayan menjadi jauh berkurang.

Nahwani berharap ada solusi yang bisa diberikan pemerintah demi kelestarian rajungan dan kepiting di titik tersebut.

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved