Advertorial Adaro

PT Adaro Indonesia Bantu Puskesmas Tanta Raih Akreditasi Madya

Belum lama ini PT Adaro Indonesia membantu peningkatan operasional Puskesmas Tanta dengan memberi bantuan perlengkapan yang dibutuhkan kantor.

PT Adaro Indonesia Bantu Puskesmas Tanta Raih Akreditasi Madya
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Puskesmas Tanta, Kabupaten Tabalong, berhasil raih akreditasi madya. Jajaran PT Adaro foto bersama dengan jajaran pimpinan Puskesmas Tanta. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - PT Adaro Indonesia ikut mendukung peningkatan pelayanan kesehatan di daerah operasi kesehatan. Belum lama ini PT Adaro Indonesia membantu peningkatan operasional Puskesmas Tanta dengan memberi bantuan perlengkapan yang dibutuhkan kantor.

Puskesmas Tanta yang belum lama pindah di gedung baru masih sangat membutuhkan bantuan perlengkapan, terlebih saat menghadapi akreditasi.

Dan saat ini Puskesmas Tanta berhasil memperoleh akreditasi madya, yang merupakan sebuah prestasi mengingat akreditasi ini baru saja dilakukan untuk pertama kali namun sudah berhasil langsung memperoleh akreditasi masdya.

Prestasi ini juga tak lepasn dari bantuan yang diberikan oleh PT Indonesia berupa meja dan lemari serta alat kesehatan, Puskesmas Tanta bisa dengan mudah menyusun administrasi.

Administrasi manajemen juga menjadi salah satu point penilaian akreditasi, indikator penilaian lain adalah Pokja Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Usaha Kesehatan Perorangan (UKP). Bantuan lemari yang diberikan oleh PT Adaro Indonesia digunakan pihak Puskesmas Tanta untuk penyimpanan berkas kepegawaian dan rekam medis.

Puskesmas Tanta berhasil meraih akreditasi madya
Puskesmas Tanta berhasil meraih akreditasi madya (banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati)

Leni Marlina, CSR Department Head PT Adaro Indonesia mengatakan pihaknya selalu mendukung peningkatan pelayanan kesehatan di daerah operasi perusahaan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan prasarana Puskesmas dalam pemenuhan akreditasi.

Akreditasi bukan hanya penilaian tetapi sebaliknya hal ini sangat penting  untuk meningkatkan kinerja Puskesmas dalam pelayanan kesehatan publik sesuai program dari  pemerintah.

"Kami terus berupaya selalu berkontribusi khususnya program di bidang kesehatan yang selaras dengan MDG dan juga program program kesehatan lainnya yang dicanangkan pemerintah," ujarnya.

Terpisah Kepala TU Puskesmas Tanta Normaniah mengatakan pihaknya sangat terbantu dengan adanya program CSR dari PT Adaro Indonesia. Sebelum mendapat bantuan, berkas Puskesmas masih diletakkan di lemari kayu yang sudah kurang layak lagi, ingin membeli namun dana terbatas.

"Saat ini berkas administrasi dan rekam medis disimpan di lemari besi yang lebih awet dan aman untuk menyimpan dalam waktu lama," ujarnya.

Puskesmas Tanta memiliki program inovasi yaitu pengelolaan Bank Sampah yang bekerjasama dengan SMA Negeri 1 Tanta, sampah non medis yang dihasilkan di Puskesmas Tanta diolah dan didaur ulang kembali oleh siswa. "Sebagian ada yang dijadikan kerajinan, ada juga sebagai bahan tambahan pembuatan pupuk," ujarnya.

Program lain adalah Sadar Kehamilan (Darlan) dimana biasanya ibu hamil hanya memeriksakan beberapa kali selama kehamilan, namun melalui program Darlan diharapkan seluruh ibu hamil bisa memeriksakan kehamilan setiap bulan. (*/Aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved