Berita HSS

BPKP Kalsel Bakal Berikan Pembekalan Kades se-HSS Tentang Pengelolaan Dana Desa

Peningkatan dana desa dari tahun ke tahun, yang dikucurkan dari anggaran APBN, dinilai rentan risiko dalam pengelelolaannya.

BPKP Kalsel Bakal Berikan Pembekalan Kades se-HSS Tentang Pengelolaan Dana Desa
HO/Protokol dan kehumasan pemkab HSS
Bupati HSS H Achmad Fikry saat menerima Kunjungan BPKP Kalsel ke Ruang Kerjanya Rabu (20/2/2019). Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi rencana Warkshop Pengelolaan Dana Desa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Peningkatan dana desa dari tahun ke tahun, yang dikucurkan dari anggaran APBN, dinilai rentan risiko dalam pengelelolaannya.

Bahkan, di berbagai desa di Tanah Air masih ditemukan Kepala Desa dan aparat desa terjerat hukum, karena kurang memahami tata cara pengelolaan dana tersebut. Untuk itu dinilai penting memberikan pembekalan pengetahuan dan kapabilitas kepada aparat desa terkait pengelolaan keuangan oleh para aparat desa.

Hal tersebut disampaikan Salamat Simanullang, dari  Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan, saat menemui Bupati Hulu Sungai Selata H Achmad Fikry, di ruang kerjanya, Rabu (20/2/2019). Simanulang berkunjung bersama empat orang  lainnya dari BPKP Kalsel, didampingi Kepala Kantor Inspektorat HSS Rusmajaya.

Dijelaskan, tujuan kunjungan ke HSS dan menemui Bupati, dalam rangka  berkordinasi dengan Pemkab HSS terkait dengan pengelolaan dana desa. Rencananya BPKP Kalsel menggelar Workshop di HSS pada 26 Maret 2019 mendatang. Kegiatan tersebut mengundang narasumber dari DPR RI, BPK RI dan Polda Kalsel. Mereka memberikan arahan dan dukungan bagaimana agar pengelolaan dana desa semakin baik di tingkat desa.

Baca: Hasil Timnas U-22 Indonesia vs Malaysia di Piala AFF U-22 2019, Skor 2-2 Jelang Laga Berakhir

Menurut Simanullang, Workshop telah dilaksanakan sejak dua tahun terakhir. Rencananya tahun ini di Kalsel dilaksanakan di empat kabupaten yaitu HSS, HST, HSU, dan Kabupaten Banjar.

“Harapan kami, ini menjadi agenda rutin dalam rangka mengawal tata kelola keuangan desa,”katanya. Adapun pelaksana di lapangan,  adalah Inspektorat dan Dinas PMD HSS."Kami berharap, Bupati nanti menjadi moderator, karena para pesertanya  adalah para Kepala Desa, Camat dan Dinas terkait di Pemkab HSS," katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry menyatakan,  bersedia  menghadiri kegiatan tersebut.  "Kami berterima kasih karena BPKP Kalsel telah memilih Kabupaten HSS sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini. Bagaimanapun, pengelolaan dana desa memang menjadi perhatian serius kami. Diharapkan, Kepala Desa dan aparat desa bisa melaksanakan pengelolaan keuangan dengan sehat dan professional agar tak bersentuhan dengan hukum,”kata Fikry.

Sebelumnya Bupati HSS menjelaskan,  Pemkab HSS telah melaksanakan program kerja  dalam membangun HSS. Khususnya program peanggulangan masalah kemiskinan, dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di perdesaan. (banjarmasinpost.co.id/hanani )

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved