Ekonomi dan Bisnis

Terapkan Perumahan Syariah Non Bank, Busran Bidik Pembeli Secara Cash

Sejak Januari 2019 lalu, Owner PT Nadefa Mitra Lestari, Busran Suhaimi telah menerapkan sistem syariah pada perumahan miliknya.

Terapkan Perumahan Syariah Non Bank, Busran Bidik Pembeli Secara Cash
banjarmasinpost.co.id/hasby
Owner PT Nadefa Mitra Lestari, H Busran Suhaimi yang juga pengurus DPD REI Kalsel menyerahkam hadiah doorprize, Minggu (22/10/2017) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID. BANJARMASIN - Sejak Januari 2019 lalu, Owner PT Nadefa Mitra Lestari, Busran Suhaimi telah menerapkan sistem syariah pada perumahan miliknya.

Busran menuturkan, Ideal Target Market (ITM) yang ingin dibidiknya yakni segmen pembeli yang tidak ingin bersentuhan dengan utang piutang.

"Karena kami menerapkan akad sesuai syariat Islam, target kami pembeli dapat membeli secara cash, baik itu cash keras hingga cash bertahap," ucapnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Diuraikannya, cash keras tersebut diberikan tempo maksimal tiga bulan pembayaran, sedangkan cash bertahap maksimal tiga tahun tenor yang diberikan kepada nasabah.

Baca: Moratorium Sawit, Dari 97 Perusahaan Sawit di Kalsel, Hanya Dua Izin yang Dikeluarkan Pemprov

Sehingga Busran tidak lagi memprogramkan rumah subsidi FLPP untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tahun lalu masih gencar dipromosikan.

Lebih lanjut, dipaparkannya, sesuai ketentuan syariat Islam, tidak ada dana keterlambatan dan sita barang dalam Islam, hal ini juga diterapkannya dalam proses jual beli perumahan miliknya.

"Dana keterlambatan tidak diberlakukan sesuai yang kami yakini. Namun, calon nasabah harus menaati syarat dan ketentuan dari kami, yakni harus bersedia ikut pengajian mengenai utang piutang satu pekan sekali," kata Busran.

Bagi nasabah yang melakukan KPR cash bertahab, wajib diberi pemahaman mengenai utang piutang, proses berutang dan kewajiban dalam membayar. Jika calon nasabah tidak bersedia, maka alternatif lainnya calon nasabah dapat langsung membeli secara cash.

Perumahan PT Nadefa Mitra Lestari tersebar di Manarap, Landasan Ulin, dan Banjarbaru. Tipe yang ditawarkan mulai tipe 36 hingga tipe 100.

Meskipun baru saja menerapkan sistem akad syariah, diakuinya respon dari calon nasabah cukup bagus. Hingga Rabu (20/2/2019), jumlah nasabah mencapai enam orang.

Baca: Variasi Kaca Film Mobil Mulai Rp 350 Ribu, Ada Diskon Hingga 50 Persen Sampai Akhir Maret

"Walaupun belum sepenuhnya mengadopsi sistem syariah, tapi sejak 2018 lalu nasabah kami sudah berjumlah 31 orang yang melalui akad syariah dari total 200 orang, hingga saat ini sudah 37 nasabah yang membeli rumah dengan akad syari," ujarnya.

Mengenai nasabah yang sudah menerapkan akad sesuai syariat Islam tersebut, dikatakan Busran, nasabah tidak bersedia memberikan keterangan terkait hal ini. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved