Kesehatan

Tips Agar Kulit Tetap Sehat, Segar dan Kenyal Meski Sering Berada di Ruang Ber-AC

Terpapar ruangan ber-AC bisa mengundang dampak negatif terhadap kulit kita, yaitu bisa terkena dehidrasi kulit.

Tips Agar Kulit Tetap Sehat, Segar dan Kenyal Meski Sering Berada di Ruang Ber-AC
banjarmasin post group/ salmah
dr Vina Dwina 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pendingin udara atau air conditioner (AC) memang banyak digunakan di Indonesia yang beriklim tropis. Tak heran jika di sejumlah tempat tertutup dipasang AC.

Adanya ruangan ber-AC membuat banyak orang menghabiskan waktu di ruangan tersebut, antara lain kantor, mobil, pusat perbelanjaan, atau mungkin di kamar tidur.

Padahal terlalu lama terpapar AC dapat mengurangi kandungan air pada lapisan terluar kulit kita.

Hal ini disebabkan karena rendahnya kelembapan udara di ruang ber-AC, yaitu berkisar antara 30-60 persen. Sedangkan kelembapan udara di Indonesia menurut BMKG antara 70-90 persen.

Terpapar ruangan ber-AC bisa mengundang dampak negatif terhadap kulit kita, yaitu bisa terkena dehidrasi kulit.

Dehidrasi kulit adalah kondisi bila kadar air pada lapisan terluar kulit kurang dari 10 persen, yang dalam kondisi normal mencapai 30 persen.

Baca: Klasemen Sementara Grup B Piala AFF U-22 2019 Usai Timnas U22 Indonesia vs Malaysia Berakhir 2-2

Berbeda dengan tipe jenis kulit kering, dehidrasi mengacu pada kadar air di dalam kulit, sedangkan jenis kulit kering atau pun berminyak mengacu pada kadar minyak atau sebum dalam kulit.

Sebab itu, untuk menghindari dehidrasi kulit, selain harus merawat kulit dari luar yaitu memakai lotion, juga penting menjaga kadar air di dalam kulit.

Menurut dr Vina Dwiana, Dokter Spesialis Kulit RSUD Ansyari Saleh Banjarmasin, pengaruh AC terhadap kulit adalah dapat menyebabkan kekeringan kulit. Kulit yang kering menyebabkan mudah gatal.

Kulit yang kehilangan kadar airnya itu juga akan mudah mengelupas dan kulit akan pecah-pecah. Kulit akan terlihat layu dan hasil akhirnya akan terjadi penuaan dini yaitu kulit keriput, nampak seperti kulit orangtua.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved