Berita Banjarmasin

Di Hari HUT PDAM Bandarmasih, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina Sarankan Pelayanan Berbasis IT

Sebagaimana diketahui PDAM Bandarmasih telah mengembangkan IT. Karena disampaikan Yudha, pihaknya meyakini IT bisa memberikan pelayanan secara cepat.

Di Hari HUT PDAM Bandarmasih, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina Sarankan Pelayanan Berbasis IT
banjarmasinpost.co.id/ isti rohayanti
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyerahkan potongan nasi astakona kepada Direktur PDAM Bandarmasih, Yudha Achmadi, Kamis (21/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meminta mengaudit kelayakan pipa terhadap pihak PDAM Bandarmasih, Banjarmasin. Proses audit tersebut ucapnya untuk mengetahui mana pipa yang harus diganti serta mencoba merencanakan pergantian.

Ditemui media saat acara HUT PDAM Bandarmasih, Banjarmasin, Kamis (21/2/2019), ia juga mengatakan perlu adanya evaluasi yang harus dilakukan. Perlu pengecekan kembali pada pipa.

"Memang secara kajian ilmiah bisa dipertanggungjawabkan dan selama ini kami hanya menduga-duga baik karena truk, tekanan dan harus dianaslisa standar pipa," ucap Ibnu.

Tidak ia pungkiri pula saat ini masih ada wilayah tertentu yang tidak terlayani. Namun sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu, pihaknya sudah membuat instalasi pada daerah tersebut.

Baca: Hasil Persija Jakarta vs PS Tira Persikabo di Piala Indonesia 2018, Skor 1-0 di Babak Pertama

Baca: Hasil Persija Jakarta vs PS Tira Persikabo di Piala Indonesia 2018, Skor 1-0 untuk Sementara

Baca: Jadwal Timnas U-22 Indonesia vs Kamboja Live RCTI, Penentu Nasib Indonesia di Piala AFF U-22 2019

Tepat dihari HUT PDAM ia juga menyarankan agar PDAM mengikuti perkembangan jaman. Terutama pada revolusi 4.0 yang mengharuskan kecepatan dan inovasi. Sebut Ibnu, PDAM harus bisa beradaptasi dengan lingkungan. Jika tidak, maka akan mengalami distrubtion atau hilang.

"Tapi buktinya PDAM bisa bertahan dan mereka harus menjalankan layanan berbasis IT dan sistem IT PDAM cukup handal, setara dengan program smartcity," ucap Ibnu.

Pada acara yang sama, Direktur PDAM Bandarmasih, Banjarmasin, Yudha Achmadi mengutarakan sistem pelayanan yang sudah dilakukan.

Sebagaimana diketahui PDAM Bandarmasih telah mengembangkan IT. Karena disampaikan Yudha, pihaknya meyakini IT bisa memberikan pelayanan secara cepat.

"IT di PDAM Banjarmasin memang berkembang sudah baik sekali, mulai dari portal online dua arah dan melalui beberapa cara, baik sms, website dan lain sebagainya," ucap Yudha.

Melalui sistem itu pula ia mengatakan pelanggan bisa lebih mudah untuk pelayanan, khususnya pembayaran rekening. Program IT pula sebutnya merupakan bentuk dukungan atas program Smart City yang digalakan oleh Pemko Banjarmasin.

Baca: Korban DBD Meningal di Banjarbaru Bertambah, Hingga 19 Februari 2019, 5 Korban Meninggal Dunia

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Europa Malam ini Live di RCTI : Arsenal vs BATE dan Chelsea vs Malmo

Baca: Seru, Bersihkan Sungai di TPA Basirih, Ibu-ibu Ini Dapat Hadiah dari Istri Kapolda Kalsel

Terlepas dari itu, pihak PDAM juga terus berupaya mengembangkan prasarana air baku. Pengembangan tersebut telah dilakukan sejak tahun 2017. Yudha pun berharap 2019 ini pengembangan prasarana tersebut bisa selesai.

Tak ia pungkiri, untuk pemenuhan sarana dan prasarana tersebut memerlukan biaya besar. Sehingga pihaknya berusaha melakukan rehabilitasi terhadap jaringan intake di Sungaitabuk serta perpanjangan pipa.

"Kami mengharapkan dukungan dari Pemko dan kami masih sangat berharap adanya penyertaan modal baik dari kota maupun provinsi dan pusat," tutupnya.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved