Berita Banjarmasin

KPU Tunggu Surat Suara DPD, Polisi Jaga Ketat Surat Suara Pemilu 2019 Kota Banjarmasin

Surat suara tersebut dihantarkan dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menggunakan kontainer dan terus dikawal pihak kepolisian.

KPU Tunggu Surat Suara DPD, Polisi Jaga Ketat Surat Suara Pemilu 2019 Kota Banjarmasin
Capture Banjarmasin Post
Banjarmasin Post Kamis 21 Februari 2019 halaman 1 

BANJARMASIN,BANJARMASIN - Disertai pengawalan ketat dari kepolisian, sebanyak 1.698 dus surat suara untuk pemilih di Banjarmasin tiba Banjarmasin, Rabu (20/2/2019). Logistik tersebut langsung disambut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin di Gedung Wargasari, Komplek Taman Budaya, Jalan Brigjen Hasan Basri, Banjarmasin.

Surat suara tersebut dihantarkan dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menggunakan kontainer dan terus dikawal pihak kepolisian.

Tiba di depan gaeung, proses pemindahan surat suara menuju lokasi sempat terkendala, karena kontainer tidak bisa masuk ke dalam Komplek Taman Budaya. Pihak KPU kemudian memanfaatkan mobil lain untuk memindahkan dari kontainer menuju gedung yang disediakan.

Sebelum pemindahan, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Khairunnizan dan Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Subhani membuka pintu kontainer. Keduanya secara bersamaan merobek stiker atau segel KPU yang ditempel di pintu kontainer tersebut.

Baca: Raih IMI Award, Peslalom Muda Banjarbaru Dina Kalahkan Peserta dari Thailand dan Singapura

Baca: Mal di Kalsel Langsung Waspada, Minta Tenant Rutin Cek dan Ganti Tabung Gas Kedaluwarsa

Baca: Bukan dengan Pevita Pearce, Eks Luna Maya, Ariel Noah Liburan ke Jepang dan Lakukan Aksi Konyol

Lantas, saat pintu dibuka sebagai memastikan keamanan surat suara, keduanya juga mengangkat dus yang ada di kotak dan memindahkan ke armada lain untuk menghantarkan surat suara ke gedung penyimpanan sementara.

Ada 1.189.590 surat suara yang diantar untuk Kota Banjarmasin itu. Terdiri dari lembar surat
surat suara presiden dan wakil presiden, 229 dus (456.027 lembar), surat suara DPR Dapil Kalsel 2, 913 dus (456.027 lembar), surat suara DPRD Kabupaten kota dapil 1, 134 dus (66.875 lembar), surat suara DPRD kab/kota Dapil 4, 227 dus (113.308 lembar) dan surat suara DPRD kab/kota Dapil 5, 195 dus (97.353 lembar).

Sementara yang masih ditunggu dikatakan oleh Ketua KPU Kota Banjarmasin, Khairunnizan yakni Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Kalsel, DPRD Provinsi dan Kota dapil dua dan tiga. Ia juga berharap sisa surat suara akan segera datang.

Lembar suara yang datang akan langsung diproses, yakni dilakukan pelipatan. Pengerjaan itu pun akan dipantau hingga selesai dan melibatkan sejumlah relawan.

Sebelumnya, penyimpanan surat suara direncanakan mengunakan gudang FISIP ULM, namun dijelaskan Khairunnizan gedung tersebut tidak muat, karena sudah digunakan untuk kotak suara.
Beruntung, sebutnya, pihak provinsi meminjamkan gedung tersebut, sehingga sebelum surat suara didistribusikan, disimpan di Gedung Wargasari.

Baca: Lawan Arema Malang di Laga Perdana Piala Presiden, Manager Barito Putera Hasnur Sebut Batu Malang

Baca: Link Live Streaming Persija vs PS Tira-Persikabo di Piala Indonesia 2018, Cek Link Jawapos TV

Baca: Reaksi Aura Kasih Saat Polda Jatim yang Tangani Prostitusi Online Putar Lagu Istri Eryck Amaral

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Khairunnizan mengatakan di gedung tersebut nantinya sekretariat KPU juga akan melakukan pelipatan dan pengepakan surat suara. Kemudian barulah didistribusikan ke TPS di Banjarmasin.

“Surat suaranya harus dijaga. Jadi kami dan pihak keamanan termasuk kepolisian dan TNI serta KPU akan standby,” ucapnya.

Bahkan relawan yang nantinya akan ikut melakukan pelipatan dna pengepakan diberi id card ketika masuk gudang. Relawan tersebut ucap Khairunnizan diperkirakan berjumlah ratusan orang. Karena surat suara yang harus disortir, dilipat dan dipak mencapai 2,2 juta lebih.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin, Subhani mengatakan pihaknya juga akan terus memantau pergerakan logistik KPU. Sebagaimana tugas mereka untuk pengawasan dalam Pemilu 2019.

“Kami melakukan pengawasan melekat dan rolling untuk penjagaan. Karena banyak surat suara yang harus dijaga,” ucap Subhani.(bpost/ell)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved