Haul ke 14 Guru Sekumpul

Layani Jemaah Haul ke14 Guru Sekumpul, Dapur Taufik Siapkan Beras Sebanyak Ini

Berbagai pihak pun juga makin mematangkan persiapan Haul ke-14 Guru Sekumpul guna menyukseskan pelaksanaan kegiatan religius tahunan tersebut.

Layani Jemaah Haul ke14 Guru Sekumpul, Dapur Taufik Siapkan Beras Sebanyak Ini
banjarmasin post group/ idda royani
SIBUK - Relawan di Dapur Taufik mulai sibuk menyiapkan perlengkapan menjelang makin dekatnya haul ke-14 Guru Sekumpul pada 9-10 Maret mendatang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Momen Haul ke-14 Guru Sekumpul kian dekat, tinggal sekitar dua pekan lagi. Berbagai pihak pun juga makin mematangkan persiapan guna menyukseskan pelaksanaan kegiatan religius tahunan tersebut.

Termasuk di antaranya persiapan yang dilakukan kalangan pengelola dapur umum di Kota Martapura. Mereka kini sibuk menyiapkan perlengkapan dan logistik seperti di Dapur Taufik yang berada di RT 1 Gang Taufik, Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kebutuhan logistik terutama bahan pangan telah mereka siapkan. Jumlahnya lumayan banyak terutama untuk bahan utama yakni beras. "Kami menyiapkan 600 blek beras (1 blek 20 liter)," ucap Sabra Malisi, relawan Dapur Taufik, Kamis (21/02/2019).

Bahan lain yang disiapkan untuk lauk yakni daging sapi. Hingga Kamis jumlah total sapi terhimpun sebanyak 26 ekor yang sebagian bersumber dari sumbangan kalangan dermawan.

Baca: Sukseskan Haul Guru Sekumpul, Q Mall Bakal Bagi 3000 bingkisan dan Siapkan Lahan Parkir untuk Jemaah

Baca: NEWS VIDEO : Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Menyiapkan Lima Bus Untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul

Baca: Jelang Haul Guru Sekumpul, Jemaah Tak Perlu Daftar, Datang Langsung ke Lokasi Parkir Bus di Murjani

Dikatakannya, seluruh sapi tersebut kelak mendekati hari 'H' akan disembelih dan dimasak. "Makanan yang nanti kami bagikan untuk jemaah haul dalam bentuk nasi bungkus. Menu lauknya masak karih daging sapi dan nasinya nasi samin (gurih)," beber Sabra.

Lumayan banyak nasi bungkus yang akan didistribusikan relawan Dapur Taufik, ribuan bungkus. "Tiap blek beras itu setelah dimasak menghasilkan 200 bungkus. Jadi, totalnya ya sekitar 120 ribu nasi bungkus," sebut Sabra.

Juru masak khusus pun telah disiapkan, jumlahnya sebanyak 25 orang. Mereka akan dibantu 300 orang relawan setempat yang seluruhnya telah memiliki keterampilan memadai bertugas di dapur umum.

Mengenai kebutuhan air bersih, Sabra mengatakan saat ini mulai disiapkan. Kebutuhan tandon air volume 1.200 liter sebanyak 20 unit. "Kami sudah punya 10 tandon dan alhamdulillah dibantu dipinjami Pemkab Banjar melalui Badan Penanggulangan Benca Daerah (BPBD) Banjar sebanyak 10 unit tandon. Kami sangat berterima kasih," tandasnya.

Tandon dari Pemkab Banjar tersebut diserahkan Bupati H Khalilurrahman, dua hari lalu kepada pengelola Dapur Taufik. Sebanyak 115 unit tandon yang akan ddistribusikan ke sejumlah dapur umum yang ada di Kota Martapura.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved