Berita Banjar

Sejumlah Petinggi Partai Nasdem Banjar Ditengarai Bawaslu Lakukan Pelanggaran

Sejumlah Petinggi Partai Nasdem Banjar Ditengarai Bawaslu Lakukan Pelanggaran

Sejumlah Petinggi Partai Nasdem Banjar Ditengarai Bawaslu Lakukan Pelanggaran
Dok Bawaslu Kalsel untuk BPost Group
Suasana sidang di Bawaslu Kalsel dugaan pelanggaan administrasi, Kamis (21/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sidang penyelesaian pelanggaran administrasi dengan agenda pembacaan putusan atas temuan Bawaslu Kabupaten Banjar dengan terlapor Ketua DPW Nasdem Provinsi Kalsel H Guntur Prawira, Ketua DPD Nasdem Kabupaten Banjar Rizani Anshari, Wakil Bupati Banjar sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Nasdem Kabupaten Banjar, Anggota DPRD Kabupaten Banjar, Abdussaman, Caleg DPRD Kabupaten Banjar ada 5 orang.

Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Banjar M Syahrial Fitri ketika dikofirmasi membenarkan bahwa digelar sidang di Bawaslu Provinsi Kalsel, Kamis (21/2) siang. Namun dirinya enggan berkomentar lebih lanjut.

“Besok sidang lagi pukul 14.00 Wita di Bawaslu Provinsi Kalsel,” singkatnya.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Banjar Rizani mengatakan, pihaknya diundang warga dalam pertemuan yang digelar pada 1 Februari 2019 lalu di Desa Beruntungbaru Kabupaten Banjar.

Baca: Istri SBY, Ani Yudhoyono Minum Air Zamzam Selama Sakit Kanker Darah, Annisa Pohan Keluhkan Ini

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur yang juga Ketua Dewan Penasehat Partai Nasdem Kabupaten Banjar.

Bentuk pelanggaran yang dilirik Bawaslu adalah pelanggaran administrasi, yakni tidak menyampaikan pemberitahuan atau laporan kepada Bawaslu terkait pertemuan dengan warga.

Padahal pihaknya melalui warga sudah memberitahukan kegiatan pertemuan tersebut kepada kepolisian setempat.

“Saat pertemuan dengan warga, memang ada datang dari Panwas dan meminta pertemuan dibubarkan. Ini hanyalah bentuk pelanggaran ringan, meski demikian kami tetap menghargai kinerja Bawaslu Kabupaten Banjar,” katanya, Kamis (21/2) malam.

Baca: Daftar 27 Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil Simon Mcmenemy, Mulai Greg Nwokolo & Syamsul Arif

Dia menjelaskan, saat pertemuan dengan warga tersebut, pihaknya tidak melakukan kampanye secara langsung. Tetapi mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih dalam Pileg 2019 mendatang, yang menurutnya justru membantu tugas KPU dalam mensosialisasikan agar pemilih tidak golput.

Dia mengatakan, kejadian ini menjadi pelajaran pihaknya dan untuk menghindari pelanggaran yang lebih berat lagi. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga pelajaran bagi partai lainnya agar tidak mengalami kejadian serupa. (banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved