Berita Banjarmasin

Jumlah Pemilih Masuk DPTb KPU Kalsel 9.893 Pemilih, Paling Banyak di Kabupaten Tanahbumbu

Sesuai hasil Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel) beberapa waktu lalu, ditetapkan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb)

Jumlah Pemilih Masuk DPTb KPU Kalsel 9.893 Pemilih, Paling Banyak di Kabupaten Tanahbumbu
KPU Kalsel untuk Banjarmasinpost.co.id
Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Tingkat Provinsi Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sesuai hasil Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel) beberapa waktu lalu, ditetapkan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Tingkat Provinsi Kalsel berjumlah 9.893 Pemilih.

Sementara jumlah pemilih yang keluar tercatat dalam rekapitulasi sebanyak 3.552 pemilih.

Ketua KPU Kalsel secara de jure, Edy Eriansyah menjelaskan keluar dan masuknya pemilih dalam DPTb KPU Provinsi Kalsel disebabkan berbagai alasan termasuk terkait alasan pekerjaan, kesehatan, penahanan dan yang lainnya.

Dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel, semua daerah memiliki DPTb dan Kabupaten Tanah Bumbu miliki pemilih masuk terbanyak yaitu 3.860 pemilih, diikuti Kabupaten Tabalong sebanyak 1.136 pemilih dan Kabupaten Tanahlaut sebanyak 1.084 pemilih.

"Di daerah ini paling banyak Pemilih yang masuk terdaftar dalam DPTb merupakan segmen pekerja baik dari luar Provinsi Kalsel, maupun dari Kabupaten lain di Kalsel dan bekerja di Tanah Bumbu, Tabalong serta Tanah Laut," kata Edy.

Sedangkan di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru yang masing-masing memiliki jumlah Pemilih masuk dalam DPTb yaitu 160 dan 165 Pemilih didominasi segmen pelajar dan mahasiswa.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming RCTI Timnas U-22 Indonesia vs Kamboja Penentu Piala AFF U-22 2019

Baca: Hasil Timnas U-22 Indonesia vs Kamboja, Skor Babak Pertama 1-0, Buka Peluang Lolos Semifinal

Baca: Terungkap Penyebab Mahasiswi UNUkase Tewas di Jalan, Sopir Toyota Agya Tancap Gas!

Cukup besarnya jumlah Pemilih masuk yang terdaftar dalam DPTb KPU Provinsi Kalsel juga sebabkan KPU melakukan penambahan TPS di Kalsel sebanyak 21 TPS.

Yaitu 10 TPS di Kabupaten Tanah Bumbu, 6 TPS di Kabupaten Banjar, 4 TPS di Tabalong dan 1 TPS di Hulu Sungai Tengah (HST).

Menurut Edy hal ini diperlukan untuk mengakomodasi Pemilih masuk dalam DPTb, karena kapasitas setiap TPS dibatasi untuk menampung 300 Pemilih pada hari pencoblosan.

Walau demikian, Edy menekankan proses penataan DPTb tidak akan berhenti pada Rekapitulasi ini saja, namun masih bisa berubah jika masih didapati Pemilih yang melakukan pemberitahuan pindah mencoblos hingga paling lambat satu bulan sebelum hari H pencoblosan pada Rabu (17/2/2019).

"Proses pindah memilih masih bisa dilakukan sesuai Pasal 210 UU Nomor 7 Tahun 2017, paling lambat 30 hari sebelum Hari H," kata Edy. (Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved