Advetorial

100 Karyawan Hotel Kalsel Ikut Sertifikasi Uji Kompetensi dari LSP Pariwisata Anging Mammiri

100 Karyawan Hotel Kalsel Ikuti Sertifikasi Uji Kompetensi dari LSP Pariwisata Anging Mammiri dan Kementerian Pariwisata

100 Karyawan Hotel Kalsel Ikut Sertifikasi Uji Kompetensi dari LSP Pariwisata Anging Mammiri
banjarmasin post group/ mariana
Sertifikasi, bertajuk Fasilitasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata, Bidang Hotel dan Restoran, di Royal Jelita Hotel, Banjarmasin, Sabtu (23/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 100 karyawan hotel seKalimantan Selatan (Kalsel) turut ambil bagian dalam kegiatan sertifikasi, bertajuk Fasilitasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata, Bidang Hotel dan Restoran, di Royal Jelita Hotel, Banjarmasin, Sabtu (23/2/2019).

Sertifikasi diselenggarakan atas kerjasama Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan antar Lembaga Kementerian Pariwisata dengan LSP Pariwisata Anging Mammiri, Makassar.

Sekretaris LSP Pariwisata Anging Mammiri, Gita Nelwan memaparkan, Kalsel mendapat 100 kuota dari total kuota 1300 orang yang diberikan Kementerian Pariwisata.

100 peserta terdiri dari berbagai hotel di Kalsel dari berbagai divisi di antaranya, front office, housekeeping, food and beverages (FB) service, FB product, dan Laundry.

Sertifikasi, bertajuk Fasilitasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata, Bidang Hotel dan Restoran, di Royal Jelita Hotel, Banjarmasin, Sabtu (23/2/2019)
Sertifikasi, bertajuk Fasilitasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata, Bidang Hotel dan Restoran, di Royal Jelita Hotel, Banjarmasin, Sabtu (23/2/2019) (banjarmasin post group/ mariana)

"Proses sertifiaksi ini sangat bermanfaat untuk karywan hotel, karena akan mendapatkan sertifikat berlogo burung garuda yang dikeluarkan oleh BNSP. Sertifikat ini dapat digunakan di 10 negara Asia Tenggara. Karena uji kompetensi yang kami berikan standar Asean," jelas Gita Nelwan kepada Banjarmasinpost.co.id.

Seluruh peserta mengisi form uji kompetensi yang diberikan, setelah itu para karyawan hotel itu kembali bekerja di hotel masing-masing. Dikatakan Gita, pihaknya mengobservasi kinerja karyawan, dengan bertandang ke sejumlah hotel sebagai bentuk penilaian uji kompetensi.

Lebih lanjut, menurut Gita, sertifikat diberikan bagi karyawan yang dinilai berkompeten, jika tidak maka kesempatan masih terbuka bagi karyawan tersebut mengikuti kegiatan sertifikasi di tahun berikutnya.

Sertifikat yang didapat berlaku hingga tiga tahun mendatang, bagi yang mendapat sertifikat pada 2019 ini harus mengikuti resertifikasi di 2022 mendatang.

Kegiatan ini juga dihadiri BPD Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalsel. Rosally Gunawan selaku Ketua sangat mendukung sertifikasi bagi karyawan hotel.

Suasana kegiatan sertifikasi, bertajuk Fasilitasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata, Bidang Hotel dan Restoran, di Royal Jelita Hotel, Banjarmasin, Sabtu (23/2/2019)
Suasana kegiatan sertifikasi, bertajuk Fasilitasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata, Bidang Hotel dan Restoran, di Royal Jelita Hotel, Banjarmasin, Sabtu (23/2/2019) (banjarmasin post group/ mariana)

"Harapan kami, mereka bisa mengembangkan ilmu yang didapat, bekerja secara kreatif dan inovatif. Serta dapat meningkatkan pelayanan bagi tamu. Hal ini juga dapat memberikan keuntungan bagi hotel, dapat berkontribusi meningkatkan akreditasi hotel berbintang yang sudah didapat menjadi semakin baik," ujar Rosally.

Kegiatan sertifikasi dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Dahnial Kifli. Dalam sambutannya, dia sangat mengapresiasi karena ini kesempatan baik bagi Kalsel untuk meningkatkan SDM pariwisata di bidang hotel dan restoran untuk memajukan banua.

"Tenaga lokal kami harapkan mampu bersaing dan lebih kompeten, dapat meningkatkan kemajuan hotel. Dan ini juga terkait dengan visi Gubernur Paman Birin, Maju dan terdepan serta memiliki SDM berdaya saing," ucapnya.

Dia juga berharap, partisipasi pihak hotel cukup penting untuk selalu meningkatkan kualitas SDM bagi karyawan melalui pelatihan serta sertifikasi.

(banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved