Berita Kabupaten Banjar

Serius Wujudkan Smart City di Kabupaten Banjar, Langkah Ini yang Dilakukan Bupati Banjar dan Tim

Langkah pertama yang dilakukan yakni memenuhi undangan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dua hari lalu.

Serius Wujudkan Smart City di Kabupaten Banjar, Langkah Ini yang Dilakukan Bupati Banjar dan Tim
HO/Dinas Kominfo Banjar
SERIUS - Bupati H Khalilurrahman (kiri) bersalaman dengan petinggi Kominfo di Jakarta, dua hari laku. Pemerintahannya serius mewujudkan smart city. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Seperti di sejumlah daerah lainnya di Indonesia, Kabupaten Banjar juga terus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informatika. Ini dalam upaya memperkuat administrasi birokrasi dan peningkatan pelayanan masyarakat.

Langkah pertama yang dilakukan yakni memenuhi undangan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dua hari lalu. Pertemuan di Gedung Pusat TIK Nasional, Ciputat,Tangerang Selatan, itu dalam rangka assessment gerakan 100 smart city,

Tim smart city Banjar dipimpin langsung oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Sekda Banjar H Nasrun Syah. Pejabat lainnya yang hadir di antaranya Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian HM Farid Soufian, Kepala Bappelitbang Galuh Tantri Narindra.

Lalu, Kadis Kesehatan Ikhwansyah , Direktur RSUD Ratu Zalecha dr H Topik Norman Hidayat, Kepala BPKAD Achmad Zulyadaini, Kepala Disdukcapil Azwar, Kepala Bapenda H Syahrial, dan sejumlah pejabat Pemkab Banjar lainnya.

Baca: Sikap Eks Luna Maya Dibongkar Nikita Mirzani Saat Ramai Syahrini Nikah, Singgung Reino & Ariel NOAH?

Baca: Hasil Persebaya Surabaya vs Persidago di Piala Indonesia : Skor 5-0 di Babak Pertama, Gol Hansamua

Baca: Live Beinsports 1! Live Streaming Burnley vs Tottenham Hotspur Liga Inggris Malam ini di MAXSTREAM

Gerakan Menuju 100 Smart City merupakan kerja sama antara Kementerian Kominfo, KemenPAN-RB, Kemenkeu, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, staf kepresidenan, dan Kompas Gramedia.

Tujuan yang ingin dicapai memastikan seluruh daerah di Indonesia memanfaatkan secara maksimal kemajuan teknologi komunikasi dan informatika. Pada rentang tahun ini diharapkan ada 100 kabupaten/kota yang menjadi pionir sebagai amart city.

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan pemerintahannya telah menyampaikan program smart city yang sedang dibangun kepada tim penilai. Ia berharap Banjar terpilih sebagai salah satu daerah dari Gerakan 100 Smart City.

Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Farid Soufian menimpali sebanya 164 kabupaten/kota yang diundang untuk merepresentasikan program smart city masing-masing di hadapan tim penilai.

Ada sejumlah pakar smart city yang masuk dalam tim penilai serta kalangan akademisi dan praktisi. Juga melibatkan staf ahki Kominfo yakni Dr Herry AbduL Aziz Staf.

Baca: Identitas Korban Tabrak Lari yang Tewas di Jalan Gubernur Subardjo Terungkap, Begini Kronologinya

Baca: Thalia, Finalis Puteri Indonesia 2019 Asal Kalsel Ini Minta Doa Restu Masyarakat

Baca: Jadwal Pembayaran THR dan Pensiunan Sudah Diumumkan Kemenkeu, Cek Jadwalnya di Sini

Farid mengatakan daerah yang terpilih nantinya akan mendapatkan pendampingan dalam menyusun masterplan Smart City. “Masterplan ini nantinya sebagai petunjuk/arah untuk mewujudkan kabupaten Smart City yg sejahtera dan barokah, serta menjadikan Smart City sebagai solusi untuk merealisasikan visi dan misi Bupati Banjar 2016-2021," jelasnya.

Dikatakannya, smart city bukan hanya berkaitan dengan teknologi informasi semata. Lebih dari itu juga bisa menyentuh aspek kearifan lokal seperti untuk menyelesaikan permasalahan di daerah secara smart.

Sementara itu Kepala Bappelitbang Galuh Tantri Narindra menegaskan institusinya akan turut mengawal smart city Kabupaten Banjar agar segera terwujud. Caranya melalui dukungan anggaran dalam program dan kegiatan.

(banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved