Berita Tapin

Bupati Perlihatkan Budidaya Ikan Gabus Desa Pabaungan Pantai CLS, Hasilkan Puluhan Ton Saat Panen

Menurut Bupati Tapin HM Arifin Arpan sekitar 38 buah tambak budidaya ikan gabus yang dikelola warga dan menghasilkan puluhan ton saat panen.

Bupati Perlihatkan Budidaya Ikan Gabus Desa Pabaungan Pantai CLS, Hasilkan Puluhan Ton Saat Panen
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Warga Desa Pabaungan Pantai, Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, merupakan pembudidaya ikan gabus, Minggu (24/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Budidaya ikan Gabus atau kerap disebut warga Iwak Haruan di Desa Pabaungan Pantai, Kecamatan Candi Laras Selatan (CLS), Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal dikenalkan Bupati Tapin HM Arifin Arpan.

Warga Desa Pabaungan Pantai menolak keberadaan perkebunan kelapa sawit demi keberadaan kolam atau tambak ikan gabus dan keberadaan pohon galam sebagai mata pencarian mereka.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan berencana akan mengajak Menteri Pertanian Kabinet Kerja, Andi Amran Sulaiman melihat tambak budidaya ikan gabus yang dikelola warga dan karang taruna di Desa Pabaungan Pantai.

Menurut Bupati Tapin HM Arifin Arpan sekitar 38 buah tambak budidaya ikan gabus yang dikelola warga dan menghasilkan puluhan ton saat panen.

Baca: Indonesia ke Final! Hasil Akhir Timnas U-22 Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-22 2019, Skor 1-0

Baca: Link Live Streaming Timnas Kamboja vs Thailand di Piala AFF U-22 2019, Live Blog Fox Sports Asia

Baca: Jadwal Final Piala AFF U-22 2019 Live RCTI, Timnas U-22 Indonesia Lawan Pemenang Kamboja vs Thailand

Budidaya ikan Gabus di Desa Pabaungan Pantai itu diakui HM Arifin Arpan mampu mencukupi kebutuhan pedagang warung makan nasi kuning, ketupat dan lontong di 13 Kabupaten/Kota se Kalsel.

Rencana rombongan Menteri Pertanian Kabinet Kerja, akan bertandang ke Kabupaten Tapin melakukan panen padi unggul pada 25 atau 28 Februari ini.

Akses menuju Desa Pabaungan Pantai Hanya dapat dilalui menggunakan perahu bermesin atau istilah warga kapal kelotok. Itu karena belum ada akses jalan yang dapat dilintasi roda dua.

HM Arifin Arpan berharap potensi budidaya ikan Gabus di Desa Pabaungan Pantai dapat diadopsi oleh desa lainnya di Kabupaten Tapin, sesuai potensi yang ada di Desa tersebut.

Menurut HM Arifin Arpan, jika setiap kepala keluarga di Desa menanam pohon buah-buahan di pekarangan rumah masing-masing. Maka, apabila musim buah tidak perlu berbelanja jauh-jauh di Pasar Rantau.

"Cukup memetik buah di pekarangan rumah karena di Desa sudah tersedia, berbagai macam buah ditanam di pekarangan rumah masing-masing," katanya memotivasi. (Banjarmasinpost.co.id / Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved