Berita Internasional

Mantan Perwira CIA Sebut Kim Jong Un Disebut Ingin Denuklirisasi Korea Utara demi Anak-anaknya

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un disebut menginginkan denuklirisasi Korut demi masa depan anak-anaknya.

Mantan Perwira CIA Sebut Kim Jong Un Disebut Ingin Denuklirisasi Korea Utara demi Anak-anaknya
kompas tv
pria keturunan Australia-China yang berpenampilan persis seperti pemimpin Korea Utara itu menyebut dirinya Howard X 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SANTA CLARA - Mantan perwira CIA menyatakan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un disebut menginginkan denuklirisasi Korut demi masa depan anak-anaknya.

Dilansir Banjarmasinpost.co.id, dari Kompas.com, pernyataan tersebut disampaikan mantan perwira CIA, Andrew Kim, mengutip ucapan sang pemimpin Korea Utara saat menemui Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo di Pyongyang, April tahun lalu.

Pernyataan itu disebut merupakan jawaban Kim Jong Un saat ditanya mengenai niatannya untuk mengakhiri program nuklir di negaranya.

"Saya adalah seorang ayah dan seorang suami. Saya memiliki anak," ujar Andrew Kim mengutip pernyataan pemimpin Korea Utara itu kepada Pompeo, yang kala itu masih menjabat sebagai direktur CIA.

"Dan saya tidak ingin anak-anak saya menanggung beban senjata nuklir di sepanjang hidup mereka," kata Kim Jong Un, masih menurut Andrew Kim, seperti dilaporkan Yonhap News dan Wall Street Journal, Sabtu (23/2/2019).

Baca: Hasil Timnas Kamboja vs Thailand di Semifinal Piala AFF U-22 2019, Skor 0-0 di Babak Pertama

Baca: Fakta 5 Film Berbahasa Asing yang Bertarung di Oscars 2019, Sutradara Wanita Lebanon Bikin Kejutan

Andre Kim mengungkapkan pertemuan yang dilangsungkan antara Pompeo dengan Kim Jong Un tahun lalu itu dalam sebuah ceramah di Pusat Penelitian Asia Pasifik Universitas Stanford, California pada Jumat (22/2/2019).

Andrew Kim yang pensiun dari CIA belum lama ini, merupakan salah satu pendiri Pusat Misi Korea pada April 2017. Dia turut mendampingi Pompeo saat menemui Kim Jong Un di Pyongyang tahun lalu.

Kim Jong Un akan kembali bertemu dengan Trump dalam pertemuan puncak kedua di Hanoi, Vietnam, pada 27-28 Februari mendatang. Diharapkan dalam pertemuan itu akan tercapai kemajuan yang signifikan untuk proses denuklirisasi Korea Utara.

Pertemuan sebelumnya yang dilangsungkan di Singapura pada Juni tahun lalu, tidak memberi banyak kemajuan terhadap penghapusan senjata nuklir di Semenjung Korea.

Kim Jong Un dikabarkan telah bertolak dari Pyongyang menuju Vietnam menggunakan kereta lapis baja, pada Sabtu (23/2/2019).

Baca: Wajah Kim Jong Un Jadi Logo Masker Kecantikan Korea, Tak Disangka Begini Jadinya

Baca: Link Live Streaming TVRI Chelsea vs Manchester City, Siaran Langsung Final Carabao Cup Malam Ini

Kereta yang membawa Kim Jong Un bersama sejumlah pejabat tinggi Korea Utara itu dijadwalkan tiba di Stasiun Dong Dang, dekat perbatasan China, pada Selasa (26/2/2019).

Andrew Kim mengatakan, pemimpin Korea Utara itu memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan hubungan dengan AS demi membangun kepercayaan di antara kedua negara, yang menurutnya diperlukan untuk mengakhiri program nuklir di Korut.

(Penulis : Agni Vidya Perdana/KOMPAS.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kim Jong Un Disebut Ingin Denuklirisasi Korea Utara demi Anak-anaknya"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved