Berita Nasional

Sultan Khairul Saleh Terpilih Jadi Sekretaris Agung MARS-Indonesia

Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (MARS-Indonesia) sepakat memilih Sultan Khairul Saleh sebagai Sekretaris Agung MARS-Indonesia, Sabtu (24/2/2019).

Sultan Khairul Saleh Terpilih Jadi Sekretaris Agung MARS-Indonesia
Dok MARS Indonesia untuk BPost Group
Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (MARS-Indonesia), Minggu (24/2/2019) sepakat memilih Sultan Khairul Saleh sebagai Sekretaris Agung MARS-Indonesia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Majelis Agung Raja Sultan Indonesia (MARS-Indonesia) sepakat memilih Sultan Khairul Saleh sebagai Sekretaris Agung MARS-Indonesia, Sabtu (24/2/2019).

Khairul Saleh yang merupakan Sultan Banjar itu terpilih secara musyawarah dalam rapat umum Dewan Agung di Hotel Marcopolo, Jakarta.

Khairul Saleh menggantikan Hary Ikhlas yang menjabat sebagai Sekretaris Agung MARS-Indonesia, sebelumnya.

Selain memilih Sekretaris Agung MARS Indonesia, juga mengisi kekosongan anggota Dewan Agung yang meninggal dunia dan mereposisi representative Kesunanan Surakarta Hadiningrat dari Panembahan Tejo Wulan kepada PB XIIi Hangabehi .

Baca: Pernyataan Ganjar Pranowo dan FX Rudy Soal Status Langgar Aturan Saat Deklarasi Jokowi-Maruf Amin

Baca: Luna Maya Siap Hadiri Pernikahan sang Mantan, Termasuk Saat Syahrini dan Reino Barack Menikah?

Baca: Komentar Menohok Nikita Mirzani dan Inul Daratista Soal Puisi Neno Warisman di Munajat 212

Baca: Kemarahan Caca Tengker Saat Liburan Bareng Istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina di Singapura

Dewan Agung dari MARS- Indonesia terdiri dari 30 orang Raja Salutan di Indonesia yang merupakan refresntatif dari Raja-raja wilayah Kepuluan Indonesia. Khairul Saleh sendiri adalah Dewan Agung mewakili Kerajaan/Raja di Pulau Kalimantan.

MARS-Indonesia didirikan dilaksanaknya Musyawarah Agung di Solo ( di Hotel Lord In pada Tanggal 21-24 April 2017Sekaligus Deklarasi Wadah Tunggal Raja Sultan, Datu Penglingsir.

Dan pemangku adat kerajaan Dengan Nama Majelis Agung Raja Sultan Indonesia( MARS Indonesia) dan diresmikan di kemendagri pada tanggal 21 agustus 2017 bertempat di gedung Kementerian dalam Negeri dihadiri 259 RajaSultan Datu, Penglingsir dan Pemangku Adat Se 34 Provinsi di Indonesia;

Disepakati bahwa bentuk dari organisasi MARSI ini tidak memiliki ketua tetapi untuk menjalankan roda organisasi dewan agung sebagai kekuasaan tertinggi menunjuk sekretaris agung  dan perangkat kesekretariatanya menjalankan roda organisasi sehari hari.

Baca: Live RCTI! Jadwal Liga Inggris Pekan 27 Malam Ini, Man United vs Liverpool & Arsenal Vs Southampton

Untuk memperoleh legalitas menurut nomenklatur dipemerintahan maka diputuskan mars Indonesia membentuk lembaga perkumpulan MARSI  diketua oleh Panembahan Tejowulan dan sekretaris Hari Iklas.

"Selain itu, dalam Rapat Umum Dewan Agung juga memutuskan menetapkan Sekretariat Sementara di Jalan Tabet Barat Dalam 1i No 40 Tabet Jakarta Selatan," ucap Kasepuhan Sentono Dalem Perdikan Majan, Raden Ali Sodik MPd melalui rilis yang diterima banjarmasinpost.co.id

Melaksanakan Rapat Kerja Nasional MARS-Indonesia setelah Pilpres 2019. Untuk menyusun program kerja lima tahunan, mengamanatkan pula untuk mendata kerajaan-kerajaan di 34 Provinsi di Indonesia. (banjarmasinpost.co.id/ rendy nicko)

Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved