Bumi Sanggam

Belajar Perda Jalan Khusus Perusahaan, DPRD Barito Timur Studi Banding ke Kabupaten Balangan

DPRD Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, sedang menggodok Rancangan Peraturan Daerah tentang Jalan Khusus Perusahaan.

Belajar Perda Jalan Khusus Perusahaan, DPRD Barito Timur Studi Banding ke Kabupaten Balangan
Diskominfo Balangan
Kunjungan DPRD Kabupaten Barito Timur ke DPRD Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - DPRD Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, sedang menggodok Rancangan Peraturan Daerah tentang Jalan Khusus Perusahaan.

Agar bisa menyempurnakan Rancangan Peraturan Daerah tersebut, DPRD Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah melakukan studi banding ke DPRD Kabupaten Balangan, Kamis (21/2/2019) lalu.

Kunjungan DPRD Kabupaten Barito Timur, di terima oleh sekretariat DPRD Kabupaten Balangan, Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan, Bagian Hukum Pemkab Balangan, dan Badan Pertanahan Balangan.

Diskusi bersama dilakukan di Aula Gedung DPRD Kabupaten Balangan.

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh pihak Dinas Perhubungan ternyata di Kabupaten Balangan sendiri belum memiliki perda yang dimaksud.

Hal ini diperkuat oleh Bagian Hukum Setda Balangan yang juga menyatakan bahwa perda tersebut hanya ada di tingkat provinsi, meski demikian Kabupaten Balangan juga akan merencanakan menggali terkait keberadaan perda tersebut apakah diperlukan atau tidak.

Kunjungan DPRD Kabupaten Barito Timur ke DPRD Balangan.
Kunjungan DPRD Kabupaten Barito Timur ke DPRD Balangan. (Diskominfo Balangan)

Ketua Rombongan DPRD Barito Timur, Cilikmanjakri, mengatakan kedatangan ke Kabupaten Balangan dalam rangka kunjungan kerja mengenai perda jalan khusus perusahaan.

"Kami ingin menyusun perda tersebut, datang ke Balangan ingin mencari referensi," ujarnya.

Sebelum ke Balangan, pihaknya juga sudah melakukan kunjungan ke Kabupaten Tabalong, terkait Rancangan Peraturan Daerah tersebut.

Menurutnya, Kabupaten Balangan juga kabupaten baru yang ternyata belum ada perda yang ingin dipelajari. Sehingga, kunjungan tersebut menjadi sarana antara Balangan dan Barito Timur untuk sama-sama saling bertukar informasi terkait perda tersebut.

"Karena Kabupaten Barito Timur juga sebagai kabupaten baru harus memerlukan referensi untuk mendukung kegiatan pemerintahan. Dengan adanya perda ini akan mudah bagi Pemerintah Kabupaten untuk mengatur jalan khusus perusahaan, ini juga berkaitan dengan penarikan retribusi yang berimbas pada PAD (Pendapatan Asli Daerah)," bebernya. (AOL/*)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved