Berita Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Guru Khalil Himbau ASN dan Masyarakat Tidak Tunda Pelaporan Pajak SPT Tahunan

Penandatanganan MoU ini dilanjutkan dengan Aksi Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2018 bersama KH Khalilurrahman

Bupati Banjar Guru Khalil Himbau ASN dan Masyarakat Tidak Tunda Pelaporan Pajak SPT Tahunan
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Bupati Banjar dan Kepala KPP Pratama menandatangani MoU tentang Koordinasi, Konsolidasi, dan Harmonisasi di Bidang Perpajakan dengan Pemkab Banjar, Senin (25/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURAKPP Pratama Banjarbaru menyelenggarakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Koordinasi, Konsolidasi, dan Harmonisasi di Bidang Perpajakan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar, Senin (25/2/2019) di Aula Barakat Sekretariat Pemkab Banjar.

Penandatanganan MoU ini dilanjutkan dengan Aksi Panutan Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi Tahun Pajak 2018 bersama KH Khalilurrahman selaku Bupati Banjar beserta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Kepala KPP Pratama Banjarbaru, Muhammad Na’im Amali.

Pemerintah Kabupaten Banjar bersama dengan KPP Pratama Banjarbaru bekerjasama untuk melakukan koordinasi, konsolidasi, dan harmonisasi di bidang perpajakan dalam bentuk MoU.

Baca: Penampakan Prilly Latuconsina Berhijab, Didandani Zaskia dan Shireen Sungkar seperti Istri Baim Wong

Baca: Cuci Muka di Gua Limbuhang Haliau, Batu Benawa, HST, Konon Bisa Pancarkan Aura Enak Dipandang

MoU ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengawasan, fungsi edukasi, kepatuhan pemenuhan kewajiban bendaharawan satuan kerja perangkat daerah dan desa, serta optimalisasi penerimaan atas Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Alokasi Umum (DAU) Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar.

Setelah penandatanganan MoU, Bupati Banjar beserta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan aksi panutan pelaporan SPT Tahunan Tahun Pajak 2018 sebagai teladan bagi masyarakat kabupaten banjar khususnya untuk taat melaksanakan kewajiban perpajakannya, salah satunya dengan melaporkan SPT Tahunan Tahun Pajak pada periode awal dan tepat waktu, sebagaimana telah dicontohkan oleh pemimpin daerahnya.

Tahun 2018 tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak di wilayah kerja KPP Pratama Banjarbaru meliputi Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah laut, dan Kota Banjarbaru adalah senilai 90.13 persen, capaian tersebut meningkat 10.06 persen dari capaian tahun 2017 senilai 80.07 persen.

Di sisi penerimaan pajak, pencapaian KPP Pratama Banjarbaru pada tahun 2018 berhasil melampaui target penerimaan sebesar Rp 1.925.878.987.000 dengan mencatatkan realisasi sebesar Rp 1.964.687.966.096 atau 102,02 persen dari target penerimaan yang telah diamanahkan.

Baca: Dewi Perssik Mau Berdamai dengan Keponakannya, Rosa Meldianti Jika 2 Syarat Ini Bisa Dipenuhi

Baca: Perlakuan Anak Denada, Shakira Aurum ke Hadiah Jokowi yang Juga Kunjungi Istri SBY, Ani Yudhoyono

Muhammad Na’im Amali mengatakan, tahun 2019 KPP Pratama Banjarbaru mendapatkan target pertumbuhan sebesar 23 persen. Kenaikan target penerimaan pajak ini sebagai konsekuensi atas kenaikan target penerimaan negara tahun 2019 sebesar Rp 2.165,1 Triliun dengan proporsionalitas Direktorat Jenderal Pajak sebesar Rp 1.786,4 Triliun.

“Atas peningkatan penerimaan pajak, otomatis dana yang diberikan pemerintah pusat ke daerah dalam bentuk dana perimbangan (DAU/DAK/DBH) akan seiring meningkat, oleh karena itu diharapkan peran serta semua unsur pemerintah daerah, tokoh masyarakat, pemuka agama, dan seluruh elemen masyarakat untuk mendukung DJP dalam mencapai target penerimaan pajak yang telah diberikan,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved