Berita Banjarmasin

Ketua DPRD Provinsi Kalsel Tegaskan Kunker ke Luar Negeri Belum Berstatus Final

Kurang dari 50 hari menyambut Pemilihan Umum (Pemilu), isu-isu politik makin menguat diiringi dengan sikap skeptik masyarakat terhadap politisi

Ketua DPRD Provinsi Kalsel Tegaskan Kunker ke Luar Negeri Belum Berstatus Final
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Ketua DPRD Kalsel, H Burhanuddin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kurang dari 50 hari menyambut Pemilihan Umum (Pemilu), isu-isu politik makin menguat diiringi dengan sikap skeptik masyarakat terhadap politisi termasuk mereka yang duduk di Lembaga Legislatif di daerah.

Rencana kunjungan kerja Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ke luar negeri juga menjadi hal yang banyak memicu pertanyaan masyarakat.

Namun Ketua DPRD Kalsel, H Burhanuddin menegaskan, hingga saat ini terkait rencana tersebut walaupun sudah dianggarkan, namun bukan berstatus final.

Menurutnya, hingga saat ini bahkan tidak semua Anggota DPRD Provinsi Kalsel yang mau berangkat dalam perjalanan kunjungan kerja ke luar negeri tersebut.

"Ada Informasi selama ini memang ada yang mau berangkat, ada yang tidak. Jadi finalisasi memang belum," kata Burhanuddin.

Baca: Jadwal & Live Streaming RCTI Final Piala AFF U-22 2019 Timnas U-22 Indonesia vs Thailand, Mohon Doa!

Baca: Warga Pulau Sembilan Kotabaru Ini Harus Naik Bukit dan Tempuh 1 Km Hanya untuk Cari Signal Hp

Baca: Jadwal Siaran Langsung MNCTV Persija Jakarta vs Becanex Binh Duong di Piala AFC 2019 (AFF Cup 2019)

H Burhanuddin nyatakan wajar bagi masyarakat yang mempertanyakan dan bahkan memprotes rencana kunjungan kerja tersebut ke luar negeri.

Namun menurutnya rencana tersebut tidak menyalahi aturan dan merupakan cara yang diperbolehkan untuk meningkatkan kemampuan daerah.

"Perjalanan ke luar negeri itu legal, bukan ilegal. Kami dan kawan-kawan di Dewan sama sekali tidak ingin menyentuh hal-hal yang ilegal karena tahu konsekuensinya berhadapan dengan hukum," kata H Burhanuddin.

Ia pun tegaskan, jika akan dilakukan, pihaknya akan mempelajari dengan benar apa saja manfaat yang dapat diterapkan di Kalsel atas kunjungan kerja ke luar negeri tersebut.

Menurut Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Asbullah usai memimpin Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Kalsel di minggu ke tiga Bulan Februari 2018 nyatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengusahakan fokus pada agenda prioritas.

Apalagi menurut H Asbullah pada momen jelang Pemilu 2019 masih ada beberapa tugas penting yang harus segera diselesaikan, sehingga agenda yang bukan merupakan prioritas akan sementara dikesampingkan.

"Untuk Kunker ke luar negeri memang belum di bahas, ada penawaran kegiatan Lemhanas tapi karena memakan waktu jadi rencananya akan ditunda dulu. Kegiatan yang bukan prioritas coba kita geser," kata H Asbullah.

Agenda yang menjadi fokus DPRD Provinsi Kalsel dalam waktu dekat menurut H Asbullah diantaranya pembahasan Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Provinsi Kalsel dan pembahasan empat Raperda.

Hal ini menurutnya jika tak segera diselesaikan diperkirakan bisa saja terlambat karena diprediksi akan banyak Anggota DPRD Provinsi Kalsel yang akan turun ke daerah pemilihan jelang Pemilu 2019 dalam waktu dekat. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved