Berita Kabupaten Banjar

Gol A Gong Sukses Pompa Semangat Penyandang Disabilitas Banua, Begini Harapannya

Kehadiran sastrawan Indonesia, Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal dengan nama pena Gol A Gong, ke Kota Martapura, Kabupaten Banjar.

Gol A Gong Sukses Pompa Semangat Penyandang Disabilitas Banua, Begini Harapannya
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Siswa SLB-A Negeri 3 Martapura Ikhsanul Sodikin semringah menerima hadiah buku dari Gol A Gong didampingi guru pembimbing Aan Setiawan, Senin (25_02_2019) sore, di PSBN Fajar Harapan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kehadiran sastrawan Indonesia, Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal dengan nama pena Gol A Gong, ke Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (26/02/2019) sore kemarin sukses memompa semangat para penyandang disabilitas di Kabupaten Banjar dan sekitarnya.

"Bahkan, kami-kami yang berpanca indera normal pun juga tersemangati. Mas Gong sungguh luar biasa," ucap Aan Setiawan, guru Sekolah Luar Biasa (SLB) A Negeri 3 Martapura, Selasa (26/02/2019).

Pembimbing seni sastra SLB-A Negeri 3 Martapura dan klien Panti Sosial Bina Sejahtera (PSBN) Fajar Harapan ini menuturkan sekitar dua jam Gol A Gong berinteraksi dengan para penyandang disabilitas. Kegiatan literasi difabel itu digelar di PSBN Fajar Harapan di Jalan A Yani, Martapura.

Peserta berasal dari SLB di Kabupaten Banjar dan dari Kota Banjarbaru. Mereka penyandang beragam jenis disabikitas yakni tunanetra, tunadaksa, tunagrahita, dan tunarungu.

Baca: Buah Tumpang Susu Paling Lezat di Dunia, Bentuknya Pun Unik Dari Pedalaman Halong Balangan

Baca: Perilaku Vanessa Angel yang Terkait Prostitusi Online Artis Selama di Penjara Disorot Kepolisian

Mereka pelajar dari sejumlah sekolah yakni dari SLB-A Negeri 3 Martapura, SLBN 1 Martapura, SLBN 2 Martapura, SLBN Kota Banjarbaru, dan SLB-C Negeri Pembina. Juga ada peserta dari YKTN dan Pertuni.

Aan menuturkan, acara dibuka dengan pembacaan ummul Quran, Alfatihah. Dilanjutkan penampilan musikalisasi puisi Kertas Kopi karya Gol A Gong yang dimainkan para pelajar SLB-A Neveri 3 Martapura/klien PSBN Fajar Harapan.

"Aransemen dan bass dimainkan Farid Surya, gitaris Leman Abidin, kajon Ikhsanul Sodikin, dan pembaca puisinya Dayanti," beber Aan.

Siswa SLB-A Negeri 3 Martapura didampingi guru pembimbing seni Aan Setiawan (kanan) tampil memukau menampilkan musikalisasi Kertas Kopi, Senin (25/2/2019) sore, di PSBN Fajar Harapan
Siswa SLB-A Negeri 3 Martapura didampingi guru pembimbing seni Aan Setiawan (kanan) tampil memukau menampilkan musikalisasi Kertas Kopi, Senin (25/2/2019) sore, di PSBN Fajar Harapan (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Mas Gong, sebutnya, begitu menikmati alunan musik klasik yang diaransemen Farid Surya. Dayanti perlahan membaca puisi dengan lantang, sembari meraba kertas braille. Tepuk tangan penoton pun riuh.

"Spontan Mas Gong pun maju dan menyerahkan beberapa buku karya beliau kepada Farid dan kawan-kawan," beber Aan.

Setekah itu, giliran Muhammad. Ssiswa kelas IX SLB-A Negeri 3 Martapura ini menyajikan stand up comedy literasi dengan berpantun. Ia menceritakan kejadian-kejadian lucu tentang tunanetra

Halaman
123
Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved