Berita Kabupaten Banjar

Ini Dakwaan Bawaslu Banjar kepada H Saidi Mansyur Cs Terkait Silaturahmi dengan Warga Beruntung Baru

Kembali digelar sidang temuan perkara terlapor petinggi partai Nasdem Kalsel dan Kabupaten Banjar di Bawaslu Provinsi Kalsel, Selasa (26/2/2019).

Ini Dakwaan Bawaslu Banjar kepada H Saidi Mansyur Cs Terkait Silaturahmi dengan Warga Beruntung Baru
HO/Bawaslu Banjar
Sidang Bawaslu terkait dugaan pelanggaran administrasi tahapan Pemilu 2019 terhadap H Saidi Mansyur dkk 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Kembali digelar sidang temuan perkara terlapor petinggi partai Nasdem Kalsel dan Kabupaten Banjar di Bawaslu Provinsi Kalsel, Selasa (26/2/2019). Sidang dengan agenda pembacaan materi laporan dari penemu, tanggapan terlapor serta pemeriksaan alat bukti.

Para terlapor adalah H Guntur Prawira sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Kalsel, Wakil Bupati Banjar yang juga Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Nasdem Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur, Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Banjar, Akhmad Rizanie Anshari, Bendahara DPD Partai Nasdem Kabupaten Banjar yang juga anggota DPRD Banjar, Abdussaman, Wakil Ketuaq Bidang OKK DPD Partai Nasdem Kabupaten Banjar, M Safwani.

Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Banjar, M Syahrial Fitri mengatakan, penemu dugaan pelanggaran adalah komisioner Bawaslu Kabupaten Banjar yakni, selain dirinya ada Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fajeri Tamzidillah, Hairul Falah, Ramliannoor, Rizki Wijaya Kusuma.

Baca: Dicecer 14 Pertanyaan Oleh Panitia Hak Angket DPRD Banjar, Ini Jawaban Saidi Mansyur

Dalam agenda pembacaan dakwaan, Syahrial Fitri menyebutkan, pada Jum’at, 1 Februari 2019 tepat pukul 13.30 Wita Ketua Panwaslu Kecamatan Beruntungbaru beserta staff dan Pengawas Desa melaksanakan pengawasan langsung pelaksanaan acara safari Jum’at Berkah oleh H Mansyur dan H Saidi Mansyur beserta rombongan dari Partai Politik Nasdem Nomor Urut 5 (Lima) dihalaman rumah kader partai Nasdem RT.02 Desa Pindahanbaru Kecamatan Beruntung Baru.

Acara tersebut dihadiri oleh para terlapor juga dihadiri oleh tokoh agama dan masyarakat di sekitar Desa Pindahanbaru Kecamatan Beruntungbaru. Dalam acara tersebut Guntur Prawira menyampaikan dan memperkenalkan Calon Legislatif dari Partai Nasdem kepada seluruh yang berhadir di acara tersebut.

Acara berakhir sekitar Pukul 16.30 Wita, namun setelah acara tersebut selesai, Panwaslu Kecamatan Beruntungbaru mencari informasi terkait izin atau pemberitahuan tertulis mengenai kegiatan ini kepada pihak panitia atau PAC Partai Nasdem Kecamatan Beruntungbaru dan juga berkoordinasi dengan pihak Polsek Kecamatan Beruntungbaru, yang hasilnya menyatakan bahwa tidak ada menyampaikan surat pemberitahuan secara tertulis kepada pihak Polsek tentang pelaksanaan kegiatan tersebut.

Baca: Jadwal RCTI & Prediksi Susunan Pemain Timnas U-22 Indonesia Vs Thailand di Final Piala AFF U22 2019

“Pada Jum’at 1 Februari 2019 Bawaslu Kabupaten Banjar mendapatkan informasi dari Panwaslu Kecamatan Beruntungbaru terkait adanya kegiatan silaturrahim dan ramah tamah wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan H Mansyur beserta rombongan DPW Partai NasDem dalam acara safari Jum’at di Mesjid Nurul Ishlah Desa Pindahanbaru Kecamatan Beruntungbaru Kabupaten Banjar,” katanya, Selasa (26/2).

Atas informasi tersebut, Bawaslu Kabupaten Banjar menyepakati bahwa informasi dari Panwaslu Kecamatan tersebut untuk dijadikan sebagai informasi awal. Kemudian pada Rabu tanggal 6 Februari 2019 Bawaslu Kabupaten Banjar membentuk Tim Investigasi untuk melakukan penelusuran atas informasi awal dengan memanggil Ketua Panwaslu Beruntungbaru untuk menyampaikan dua laporan hasil pengawasan (Form A) yang dilakukan pada hari Jum’at 1 Februari 2019 dengan Nomor 9/LHP/PM.00.00/II/2019 terkait silaturrahim dan ramah tamah Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan H Mansyur beserta rombongan DPW Partai Nasdem dalam acara safari Jum’at di Mesjid Nurul Ishlah Desa Pindahanbaru Kecamatan Beruntungbaru Kabupaten Banjar dan Nomor 10/LHP/PM.00.00/II/2019 terkait Pengawasan langsung kepada H Mansyur dan H Saidi Mansyur beserta rombongan dari Partai Nasdem Nomor Urut 5 (lima) dihalaman rumah kader Partai Nasdem RT.02 Desa Pindahanbaru Kecamatan Beruntungbaru.

Baca: Jelang MotoGP 2019, Ini Sejumlah Keuntungan Jika Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021?

“Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan H Mansyur dan H Saidi Mansyur beserta rombongan dari Partai Nasdem Nomor Urut 5 (lima) dihalaman rumah kader Partai Nasdem RT.02 Desa Pindahan Baru Kecamatan Beruntung Baru adalah salah satu bentuk metode kampanye yakni pertemuan tatap muka sebagaimana ketentuan pasal 275 ayat 1 huruf b Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, dan kegiatan Pertemuan tatap muka ini tidak menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada aparat Kepolisian setempat,” ujarnya.

Lanjut Syahrial Fitri, tentu saja kegiatan ini telah melanggar pasal 29 ayat 1 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilihan Umum yang menyatakan bahwa petugas kampanye pertemuan tatap muka wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada aparat Kepolisian setempat, dengan tembusan kepada KPU, KPU Provinsi dan atau KPU/KIP Kabupaten/Kota, Bawaslu Provinsi, dan atau Bawaslu Kabupaten kota, sesuai dengan tingkatannya.

Baca: Lurah dan Camat di Jakarta Dicopot Tanpa Teguran dan Panggilan, Ini Penjelasan Wali Kota Jaktim

Selanjutnya jumlah peserta juga melampaui kapasitas jumlah tempat duduk yang disediakan, hal ini tidak sesuai dengan ketentuan pasal 28 ayat 3 huruf a Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilihan Umum. Bahwa pada Selasa, tanggal 12 Februari 2019, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Banjar telah melaksanakan rapat pleno dengan bermusyawarah dan bermufakat terkait laporan hasil pengawasan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Beruntungbaru dalam tahapan Kampanye Calon Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 Nomor 10/LHP/PM.00.00/II/2019 untuk dijadikan Temuan Dugaan Pelanggaran Administratif Pemilu, dan selanjutnya menindaklanjuti temuan tersebut untuk disampaikan ke Bawaslu Provinsi Kalsel untuk dilakukan proses pemeriksaan secara terbuka, sebagaimana diatur dalam Pasal 24 ayat (3) Peraturan Bawaslu Nomor 8 tahun 2018 Tentang Penyelesaian Pelanggaran Administratif Pemilihan Umum.

Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Nasdem Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur ketika dikonfirmasi enggan memberikan keterangan.(Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved