Berita Banjar

Interaksi dengan Penyandang Disabilitas di Martapura, Gol A Gong Terenyuh dan Ungkapkan Hal Ini

Berinteraksi dengan Penyandang Disabilitas di Martapura, Gol A Gong Terenyuh dan Ungkapkan Hal Demikian

Interaksi dengan Penyandang Disabilitas di Martapura, Gol A Gong Terenyuh dan Ungkapkan Hal Ini
Aan Setiawan untuk BPost Group
Keceriaan kalangan penyandang disabilitas bersama Gol A Gong di PSBN Fajar Harapan, Senin (25/02/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Berinteraksi dengan kalangan pelajar penyandang disabilitas di Kalimantan Selatan (Kalsel), ternyata meninggalkan kesan mendalam di hati sastrawan ternama Indonesia, Gol A Gong.

Pemilik nama lengkap Heri Hendrayana Harris ini pada Senin (25/02/2019) sore kemarin selama sekitar dua jam berinteraksi dengan para penyandang disabilitas pada acara Literasi Difabel.

Kegiatan itu digelar di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Fajar Harapan, Martapura. Pesertanya dari berbagai penyandang disabilitas (tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunagrahita). Mereka berasal dari SLB-A Negeri 3 Martapura, SLBN 1 Martapura, SLBN 2 Martapura, SLBN Kota Banjarbaru, SLB-C Negeri Pembina, YKTN, dan Pertuni.

Kedatangan Gol A Gong disambut sangat antusias. Bahkan di antara mereka ada yang memainkan musikalisasi puisi Kertas Kopi karya Gol A Gong dengan sangat apik.

Baca: SAKSIKAN Live Streaming Timnas U-22 Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF U22 2019, Cek Link RCTI

Baca: Hasil Persija Jakarta vs Becamex Binh Duong di Piala AFC (AFC Cup 2019), Skor 0-0 di Babak Pertama

Baca: LIVE STREAMING RCTI Timnas U-22 Indonesia vs Thailand, Siaran Langsung Final Piala AFF U-22 2019

Baca: Nasib Pembangunan Jembatan Pulaulaut - Tanahbumbu Terganjal? Ini Penjelasan Pemkab Tanahbumbu

Sanjungan pun diutarakan Gol A Gong hingga ia kemudian spontan memberikan hadiah buku karyanya. Ungkapan keterharuan juga ia ungkapkan di beranda sosial media (Facebook)-nya pada akun Gong Smash pada Selasa (26/02/2019) pagi sekitar pukul 10.00 Wita.

Begini bunyinya:

PANTI SOSIAL BINA NETRA
(Gol A Gong) Gong Smash

Senin, 25 Februari 2019, setelah selesai pelatihan menulis cerita anak di Aula Dindik Kabupaten Banjar bersama Balai Bahasa KalSel, saya dan Abdul Salam - Presiden Rumah Dunia, meluncur ke Panti Sosial Bina Netra Fajar Harapan Martapura (SLB-A Negeri 3 Martapura) Jl. A. Yani Km. 37,5 No.8 Sungai Paring, Martapura. Saya berbagi pengalaman tentang literasi difabel.

Saya bergetar ketika berada satu ruangan dengan tuna rungu, tuna netra, tuna daksa dan grahita. Sebetulnya saat kuliah di FASA UNPAD Bandung, 1982-1985, saya aktif di YPOC. Juga sering mojok di Wiyata Guna, Jl. Padjadjaran, Bandung. Mestinya ini sudah biasa.

Tapi ketika para tuna netra itu membaca dan menyanyikan puisi "Kebun Kopi" (Air Mata Kopi) karyaku, aku terpesona. Salam juga mengutarakan hal sama.

Baca: Hasil Persija Jakarta vs Becamex Binh Duong Piala AFC 2019 (AFC Cup 2019), Skor 0-0 untuk Sementara

Selama 2 jam, saya mengungkapkan kekaguman saya kepada mereka. Melihat tanpa mata. Berbicara tanpa suara. Itulah mereka.

Saya hanya mengingatkan, bahwa membaca dan menulis sangat penting. Teknologi di era sekarang sudah sangat membantu mereka menulis.

Status Gol A Gong tersebut mendapat likes lumayan banyak. Beberapa orang juga berkomentar.

Badja Kudrata: Speechless

Aan Masih Setiawan: Aan Terima kasih Mas Gong dan Bang Abdul Salam, sudah berkenan singgah mendekap sahabat-sahabat difabel di Kab. Banjar, Banjarbaru dan Kalimantan Selatan. Semoga menjadi inspirasi mereka berkarya dalam keterbatasan..

Penulis: Idda Royani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved