Berita HSS

Kendalikan Hama Wereng, Kelompok Tani Rasau Bhakti di HSS Lakukan Pembasmian Serentak

Kendalikan Hama Wereng, Kelompok Tani Rasau Bhakti di HSS Lakukan Pembasmian Serentak

Kendalikan Hama Wereng, Kelompok Tani Rasau Bhakti di HSS Lakukan Pembasmian Serentak
Dok Kominfo HSS untuk BPost Group
Gerakan pengendalian hama wereng cokelat secara serentak oleh Kelompok Tani Rasau Bhakti di Desa Padang Rasau Kelurahan Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan, Selasa (26/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Hama wereng cokelat menyerang tanaman padi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Salah satu tanaman padi yang diserang hama tersebut, ada di Desa Padang Rasau, Kelurahan Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan.

Mengatasi hal tersebut, kelompok tani Rasau Bhakti melaksanakan gerakan pengendalian massal, Selasa (26/2/2019).

Sejumlah petani turun ke sawah melakukan penyemprotan untuk tanaman padi yang sebagian besar belum kena serangan, sebagai langkah antisipasi. Insektisida pembasmi hama merupakan bantuan dari  Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPTPH) Dinas Pertanian Kalsel.

Kepala Laboratorium Pengamatan Hama Penyakit Tanaman Pangan dan Holtikultura HSS,  M Astalani mengatakan kegiatan ini merupakan  program Dinas Pertanian provinsi HSS bekerja sama dengan Pemkab HSS.

Baca: Ruang Spa dan Sauna Hotel Rattan Inn Alami Kebakaran, Ini Kisah Relawan dan Polisi Tembus ke Lokasi

“Penyemprotan dilakukan sebagai upaya mengamankan produksi tanaman pangan. Khususnya padi dari serangan hama wereng cokelat, sekaligus sosialisasi penanggulangannya,” kata Astalani.

Diharapkan, upaya tersebut ke depannya dilakukan  secara swadaya  oleh petani sehingga serangan-serangan hama bisa dicegah.

Diapun mengimbau petani agar menanam padi varietas unggul yang tahan serangan wereng batang coklat, seperti mikongga, dan inpari. "Jadi tidak melulu menanam varitas lokal karena daya tahannya terhadap hama dan penyakit sangat lemah.

Astalani mengimbau,  para petani yang lahannya mengalami kerusakan baik itu terserang hama atau penyakit namun tak mampu mengendalikannya agar menghubungi petugas BTPH atau  langsung datang ke Laboraturium BPTPH Kalsel  di Desa Hariti Kecamatan Sungai Raya, HSS."Kami siap membantu pengendalian hama untuk para petani HSS,  serta apa  saja yang dibutuhkan petani," katanya.

Baca: Hasil Akhir Persija Jakarta vs Becamex Binh Duong di Piala AFC 2019 (AFC Cup 2019), Skor 0-0

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Pertanian, Dinas Pertanian HSS, Suherman kepada banjarmasinpost.co.id menyebutkan, saat ini hama wereng cokelat sedang menyerang tanaman padi di tujuh kecamatan di HSS.

Kecamatan tersebut meliputi Kandangan, Padangbatung, Simpur, Kalumpang, Sungai Raya, Angkinang dan Loksado.

Hama tersebut rata-rata menyerang padi yang sudah berbuah dan hampir panen. Bagian yang terserang mengalami kuning pada batang dan seperti gosong.

Meski demikian, kondisi tersebut kata Suherman diperkirakan tak terlalu mengganggu produksi padi di HSS karena area yang diserang hanya di spot-spot tertentu dalam satu areal sawah. Padi yang diserangpun rata-rata sudah matang dan hampir panen.

“Makanya gerakan pembasmian dilakukan secepatnya, agar tak sampai meluas. Alhamdulillah petani kita dibantu BPTPH untuk obat pembasmi dan pencegah hamanya,”katanya. Khusus di Padang Rasay, jelas Suherman sudah dilakukan penyemrotan ke tiga. Khusus untuk di Loksado, juga ada spot padi gogo yang diserang, dan diatasi dengan penyemprotan.

Menurutnya, padi yang diserang hama, rata-rata padi jenis ciherang yang tak lagi direkomendasikan oleh Dinas Pertanian.  “Ciherang memang jenis padi unggul juga, tapi tak direkomendasikan lagi, karena tak tahan hama,”katanya. (banjarmasinpost.co.id / hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved