Berita Tanahbumbu

Nasib Pembangunan Jembatan Pulaulaut - Tanahbumbu Terganjal? Ini Penjelasan Pemkab Tanahbumbu

Nasib Pembangunan Jembatan Pulaulaut - Tanahbumbu Terganjal? Ini Penjelasan Pemkab Tanahbumbu

Nasib Pembangunan Jembatan Pulaulaut - Tanahbumbu Terganjal? Ini Penjelasan Pemkab Tanahbumbu
banjarmasin post group/ helriansyah
Kondisi terkini proyek Jembatan Pulaulaut di sisi Kabupaten Kotabaru, Selasa (26/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Rencana pembangunan jembatan penghubung Pulaulaut (Kotabaru) dengan daratan Kalimantan (Tanahbumbu) masih jauh dari harapan masyarakat, khususnya mereka di wilayah Pulaulaut yang sangat mendambakan jembatan penghubung terealisasi.

Sampai sekarang tidak ada kepastian target progres untuk penyelesaian pembangunan. Sementara pembangunan menggunakan sharing dana dua kabupaten (Kotabaru-Tanahbumbu) masing Rp 250 miliar, provinsi Rp 500 miliar sesuai disepakati dalam Memorandum of Understanding (MoU).

Sedangkan hingga sekarang belum ada kepastian penggelontoran dana pemerintah pusat diharapkan untuk penyelesaian mega proyek tersebut.

Menjadi kendala belum adanya penggelontoran anggaran pusat, karena belum adanya kajian dari Komite Jembatan Nasional. Mulai dari rencana anggaran biaya (RAB) dan kajian-kajian lainnya.

Baca: Tangis Fenny Bauty Minta Irwansyah Tak Tinggalkan Zaskia Sungkar Karena Hal Ini

Baca: Inilah Sosok Rosano Barack, Calon Mertua Syahrini yang Juga Ayah Mantan Luna Maya, Reino Barack

Baca: Susunan Pemain Persija Jakarta vs Becamex Binh Duong di Piala AFC 2019, Live MNC TV

"Saat ini Komisi Jembatan mempelajari, hasil akhirnya sertifikasi. Setelah sertfikasi keluar, dana APBN bisa digelontorkan," kata Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tanahbumbu Hernandi kepada banjarmasinpost.co.id.

Menurut Hernandi, sebelum APBN masuk desain harus diuji terlebih dahulu. "Itukan bentangnya sampai empat kilometer, tidak sembarangan dikerjakan. Misalnya dites dalam bentuk model, seperti tahan terhadap angin, gempa dan lainnya ini yang panjang waktunya," jelas Hernandi.

"Setelah itu terlewati nanti ada sertifikat, artinya sudah lolos uji. Nah, APBN bisa masuk. Dan, ini informasi dari provinsi leading sector untuk ini," tambah Hernandi.

Menjadi alasan, terkait Pemkab Tanahbumbu tidak menggelontorkan anggaran untuk kegiatan fisik. Kecuali pembebasan lahan satu kilometer, lebar 50 meter di sisi Tanahbumbu sudah clear dan clean.

Baca: Maia Estianty Irwan Mussry di Hotel yang Sama dengan Syahrini, 4 Fakta Pernikahan Inces Reino Barack

"Karena kalau sudah sertifikasi dana APBN dan provinsi akan masuk. Tanbu hanya pembebasan lahan saja," kata Hernandi lagi.

Memeng diaakui Hernandi, di sisi Kotabaru fisik jembatan, pemerintah Kabupaten Kotabaru ada beberapa kali menganggarkan melalui anggaran kabupaten.

"Tanahbumbu juga ada melakukan pemancangan dari arah Batulicin dan Kotabaru, tapi menggunakan anggaran provinsi. Kotabaru dana APBD sendiri," ungkapnya.

(banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved