Berita Banjarmasin

NEWS VIDEO : Pemilihan Ketua Dewan Mahasiswa BEM Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

NEWS VIDEO : Pemilihan Ketua Dewan Mahasiswa BEM Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin Kalsel, Selasa (26/2/2019) pagi menggelar pesta demokrasi. Pesta yang diadakan dalam rangka memilih ketua dan wakil dewan eksekutif mahasiswa (Dema) baik universitas dan fakultas serta himpunan mahasiswa jurusan itu disambut sangat antusias oleh mahasiswa.

Menariknya, berbeda seperti pemungutan suara pada umumnya, pelaksanaan tersebut ternyata menggunakan sistem voting elektronik.

Satu persatu mahasiswa yang sudah melakukan verifikasi menggunakan kartu mahasiswanya dipersilahkan masuk ke dalam ruangan.

Selanjutnya, dengan menggunakan perangkat komputer yang telah tersedia mahasiswa memberikan suaranya terhadap sejumlah calon kandidat.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr Hj Nida Mufidah, M. Pd mengatakan pesta demokrasi yang menggunakan sistem elektronik votting tersebut sebetulnya sudah merupakan kali kedua dilaksanakan.

Baca: 2 Peluru Bersarang di Kepala Bocah Ini Usai Tertembak Senapan Angin, Begini Kondisinya

Baca: Hasil Timnas U-22 Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF U-22 2019, Skor 2-1 Untuk Sementara

Menurutnya sistem itu mereka laksanakan seiring menjawab pesatnya penggunaan teknologi di tengah generasi muda atau kaum milenial.

"Mereka kan adalah para pengguna teknologi, nah seiring pemilihan ketua Dema universitas, fakultas dan himpunan mahasiswa jurusan ini, kami pun memanfaatkan metode elektronik voting," jelas Nida.

Nida juga berharap seiring pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua Dema Universitas, Fakultas serta HMJ tersebut, seluruh mahasiswanya pun bisa bersama-sama mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan lancar.

"Selain itu, siapa pun yang terpilih nanti, saya berhadapan para mahasiswa bisa menerima dengan besar hati. Karena bagi saya, masing-masing calon pemimpin sama-sama baik. Terpenting saat menjabat nanti mendukung misi UIN unggul dan berakhlak," tutupnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Nurdin Ardalefa demi kelancaran dan kemudahan sejumlah mahasiswa memberikan hak suaranya, Selasa itu sedikitnya telah menyediakan sebanyak 40 komputer.

Baca: Tangis Ahmad Dhani Untuk Safeea Ahmad, Putri Sulung Dari Mulan Jameela Kala Berulang Tahun

Komputer tersebut kemudian masing-masing juga telah terkoneksi dengan jaringan intranet, yang diharapkan meminimalisir kecurangan pemilih dan memudahkan perhitungan data nantinya.

" Nah, jadi jika biasanya yang lain masih menggunakan kertas suara, kami disini telah menggunakan electronic voting (E-Voting. Nanti para mahasiswa tinggal memasukkan nomor kartu tanda mahasiswanya, untuk memberikan hak suara mereka," ungkapnya.

(banjarmasinpost.co.id /Ahmad Riski Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved