Kampusiana

Ternyata Non Muslim Bisa Masuk UIN Antasari Banjarmasin, Ini Penjelasannya

Ternyata Non Muslim Bisa Masuk UIN Antasari Banjarmasin, Tapi Harus Ikuti Mata Kuliah Wajib

Ternyata Non Muslim Bisa Masuk UIN Antasari Banjarmasin, Ini Penjelasannya
banjarmasin post group/ irfani rahman
Kabag Akademik dan Kemahasiswaan UIN Antasari Masri S Ag 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN -Universitas Islam Nasional (UIN) Antasari ternyata tak menutup diri jika ada mahasiswa non muslim yang ingin masuk dan berkuliah di sana.

Kabag Akademik dan Kemahasiswaan UIN Antasari , Masri S Ag mengungkapkan memang beberapa waktu lalu ada non non muslim yang mau daftar UIN dan bertanya persyarakatannya.

Pihaknya mempersilahkan saja tidak menurup dan membatasi jika ada non muslim mau masuk UIN Antasari.
Namun dengan persyarakatan mereka wajib mengikuti persyarakatan mengikuti kuliah mata kuliah Islam, seperti Aqidah , Fiqih, Hadist , Al Quran,

'Kalau mereka mau kuliah harus selesaikan kurikulim tersebut, tapi mungkin mendengar itu kemudian mundur," paparnya saat ini tak ada non muslim mengambil kuliah di UIN Antasari.

Baca: SAKSIKAN Live Streaming Timnas U-22 Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF U22 2019, Cek Link RCTI

Baca: LIVE STREAMING RCTI Timnas U-22 Indonesia vs Thailand, Siaran Langsung Final Piala AFF U-22 2019

Mengenai test baca tulis Al Quran, dikatakannya untuk teknis baca tulis Al Qur'an hanya sebagai bahan pertimbangan untuk kelulusan.
"Maunya untuk pertimbangan kelululsan , tapi sistim SPAN-PTKIN dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ((UMPTKIN) tak memungkinkan itu dimasukkan dalam satu pertimbangan untuk kelulusan, jadi kami melaksanakan itu hanya sebagai pemetaan ," paparnya mengatakan hal itu untuk hanya jalur prestasi.

Karena mereka lebih dulu diumunkan lulus dan tidak kemudian baru pihaknya melakukan tes kemampuan baca tulis Alqurannya.

"Kita sebagai pemetaan saja, bagaimana kemampuan si A, si B," paparnya mengatakan mereka tetap dinyatakan lulus meski tak menguasai baca tulis Al Quran.

Baca: Hasil Persija Jakarta vs Becamex Binh Duong Piala AFC 2019 (AFC Cup 2019), Skor 0-0 untuk Sementara

Hal ini berbanding dengan jalur ujian masuk mandiri (UM Mandiri) dimana tes baca tulis Al Quran bisa sebagai pertimbangan karena pertama mereka datang kesini dan langsung diadakan tes dan untuk kelulusannya tes baca Al Quran sebagai pertimbangan mereka.

"Kita ada pusat atau pelayanan unit bahasa, mereka berfokus bahasa dan pembinaan kelancara bahsa Al Quran diserahkan kesana nantinya ," paparnya.

(banjarmasinpost.co.id / irfani rahman)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved