Aura Buah Eksotik Banua

Tersimpan di Hutan Pedalaman, Buah Eksotik Banua, Bentuk dan Citarasanya Bikin Penasaran

Keberagaman buah-buahan eksotik khas tropis yang di antaranya hanya tumbuh di alam Pulau Kalimantan. Termasuk di antaranya di Kalimantan Selatan.

Tersimpan di Hutan Pedalaman, Buah Eksotik Banua, Bentuk dan Citarasanya Bikin Penasaran
banjarmasinpost.co.id/idda royani
BUAH EKSOTIK- Hatrianto (tengah belakang) bersama rekannya dari Balangan saat memamerkan buah eksotik di Kiram Park beberapa pekan lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - TAK terbantahkan memang, Pulau Kalimantan bak permata dunia. Alamnya indah dan menyimpan berlaksa kekayaan nabati, hewani, dan beragam sumber daya alam lainnya.

Salah satunya adalah keberagaman buah-buahan eksotik khas tropis yang di antaranya hanya tumbuh di alam Pulau Kalimantan. Termasuk di antaranya di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hebatnya, hampir di tiap daerah di Banua ini memiliki buah eksotik tertentu yang jarang ditemui di daerah lainnya. Jika dihitung, setidaknya saat ini masih ada puluhan jenis buah eksotik khas Kalsel.

Disebut eksotik karena ujud atau penampakan buahnya memang elok atau unik, baik dari aspek warna, bentuk, maupun ukurannya. Termasuk cita rasanya, meski ada juga yang tak bisa dimakan.

Baca: NEWS VIDEO : Kontes Durian Dan Buah Eksotik Tingkat Kalsel

Baca: Ribuan Durian di Kontes Durian dan Buah Eksotik di Kiram Park Habis Dilahap Pecinta Durian

"Di tempat kami yang sudah terlacak ada sekitar 60 jenis buang eksotik. Semuanya hanya bisa didapat di hutan di pedalaman," ucap Hatrianto, tokoh pemuda warga Desa Marajai, Kecamatan Halong, Kabupaten Tabalong.

Puluhan buah eksotik tersebut ia pamerkan pada gelaran Kontes Durian dan Pameran Buah EksotiskKalsel di Kiram Park di Desa Kiram, Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar, beberapa pekan lalu.

Stand buah eksotis yang dijaganya pun terus menerus diserbu pengunjung. Mereka semua terkesima melihat aneka buah-buahan eksotik tersebut karena selama ini nyaris tak pernah mereka lihat apalagi merasakan sensasi cita rasaya yang luar biasa.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved