Ekonomi dan Bisnis

Air Cooler Varian Alternatif Pendingin Ruangan, di Toko Elektronik Banjarmasin AC Masih Diminati

Saat ini varian pendingin ruangan cukup banyak, yakni kipas angin, Air Conditioner (AC), dan Air Cooler atau AC portable.

Air Cooler Varian Alternatif Pendingin Ruangan, di Toko Elektronik Banjarmasin AC Masih Diminati
banjarmasinpost.co.id/mariana
Toko penjualan AC dan Air Cooler-2 di Kota Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Umumnya pendingin ruangan menjadi solusi di rumah-rumah dan kantor serta ruangan lainnya, untuk menetralkan dan menyejukkan ruangan tersebut dari suhu tinggi.

Saat ini varian pendingin ruangan cukup banyak, yakni kipas angin, Air Conditioner (AC), dan Air Cooler atau AC portable.

Seperti halnya di toko Pos Elektronik, berbagai varian AC dan Air Cooler tersedia bagi konsumen. Berbagai merk pun ada untuk AC, namun Air Cooler masih terbatas itemnya hanya di beberapa merk saja.

Dijelaskan SPM Sharp Toko Pos Elektronik, Bain, terdapat perbedaan dari ketiga pendingin ruangan tersebut.

"Untuk AC menggunakan freon yang memunculkan efek dingin dan sejuknya, tingkat sejuknya juga untuk satu ruangan, berbeda dengan Air Cooler menggunakan ice pack, tingkat sejuknya hanya kurang lebih tiga meter, hampir sama dengan kipas angin, namun lebih sejuk," jelas Bain kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: UKM Produksi Makanan Masih Banyak Tak Urus Sertifikasi Halal, Ini Kata Kadis Perindustrian Kalsel

Baca: Izin Mendagri, Alat Perekam e-KTP Kecamatan Alalak Batola Akhirnya Dipindah ke Kantor Baru

Baca: Penampakan Maia Estianty dan Irwan Mussry di Masjid Camii Saat Akad Nikah Syahrini dan Reino Barack

Ditambahkannya, peminat dari penyejuk ruangan ini masih cenderung memilih AC daripada Air Cooler. Alasannya, karena AC dinginnya lebih merata untuk satu ruangan.

Namun dikatakannya lagi, tergantung kebutuhan konsumen. Kebanyakan AC dipasang di kamar tidur, sedangkan Air cooler umumnya di ruang tamu atau ruang keluarga.

Soal harga, di toko ini AC dibanderol mulai Rp 2,8 juta hingga 5,8 jutaan tergantung ukuran PK pada AC tersebut.

Untuk harga Air cooler seharga Rp 958.000, Rp 1.048.000, serta Rp 1.418.000 tergantung ukuran dan kapasitasnya. Sedangkan kipas angin mulai Rp 200 ribuan.

Sementara itu, di toko MS Elektronik juga menjual berbagai macam AC dan Air Cooler. Dikatakan karyawan toko, Riki, AC masih menjadi primadona di tokonya untuk unit pendingin ruangan.

"Sebenarnya tergantung kebutuhan konsumen, tapi untuk ruangan memang AC masih paling banyak dicari, segmen pembeli AC juga beragam bukan hanya rumah, tapi juga kantor atau instansi, beda dengan Air Cooler yang masih terbatas untuk pemakaian rumah," jelasnya.

Di tempatnya, harga AC berkisar Rp 2,9 juta hingga 5,9 jutaan, sedangkan Air Cooler dipatok seharga Rp 1.050.000 dan Rp 1350.000. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved