Berita Tanahlaut

Pengadilan Negeri Pelaihari Deklarasi Pencanangan Zona Integritas, Ini Tujuannya

Dengan membangunan zona integritas maka pelaksanaan kegiatan PN Pelaihari akan dilakukan secara lebih terbuka dan dipublikasikan secara luas.

Pengadilan Negeri Pelaihari Deklarasi Pencanangan Zona Integritas, Ini Tujuannya
BANJARMASINPOST.co.id/milna sari
Wakil Bupati Tanahlaut Abdi Rahman meresmikan pembangunan zona integritas di Pengadilan Negeri Pelaihari, Rabu (27/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sebagai upaya Pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Pengadilan Negeri Pelaihari menggelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, Rabu (27/2/2019) di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Pelaihari.

Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari, Mohammad Amrullah mengatakan pencanangan pembangunan zona integritas yang ditandai dengan penandatanganan piagam adalah merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2014 tentang Aksi pencegahan dan Pemberantasan Korupsi serta Peraturan Menteri PAN&RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah.

"Pembangunan zona integritas ini kita harap juga dapat lebih meningkatkan kepercayaan stakeholder dan seluruh masyarakat terhadap Pengadilan Negeri Pelaihari," ujarnya kepada banjarmasinpost.co.id.

Baca: Izin Mendagri, Alat Perekam e-KTP Kecamatan Alalak Batola Akhirnya Dipindah ke Kantor Baru

Dengan membangunan zona integritas maka pelaksanaan kegiatan Pengadilan Negeri Pelaihari akan dilakukan secara lebih terbuka dan dipublikasikan secara Iuas. Sehingga semua pihak dapat memantau, mengawal. mengawasi, dan bahkan berperan serta di dalamnya.

"Khususnya di dalam pelaksanaan reformasi birokrasi serta pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan," tambahnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Upaya pembangunan integritas di lingkup Pengadilan Negeri Pelaihari sebenamya telah cukup lama dilaksanakan yaitu antara Iain melalui Penyelenggaraan Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada  delapan area perubahan yaitu Organisasi, Tata Laksana, Peraturan Perundang-undangan, Sumber Daya Manusia Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Pelayanan Publik Mindset dan Cultural Set Aparatur yang di-supervisi oleh Kelompok-Kelompok Kerja.

Pengadilan Negeri Pelaihari tambah Amrullah juga telah melaksanakan proses rekrutmen pegawai serta promosi jabatan secara terbuka dan menjalankan keterbukaan informasi publik, penyederhanaan proses persidangan yang ditujukan untuk memberikan pelayanan cepat dan bebas dari praktik penyuapan dan tindakan negatif lainnya serta memperbaiki kualitas layanan publik.

Baca: Bekuk Ogah, Petugas Ditnarkoba Temukan 25 Gram Sabu di Lantai, Ibu Muda Ini Dijadikan Tersangka

"Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini kami meminta kepada seluruh jajaran Pengadilan Negeri Pelaihari mulai dari tingkat pimpinan hingga ke tingkat pelaksana untuk bersama-sama membangun integritas individu dan integritas organisasi di lingkungan kerja masingmasing dalam upaya membangun Zona Integritas secara menyeluruh di lingkungan Pengadilan Negeri Pelaihari," ujarnya.

Sementara dalam pengembangan zona integritas pembukaan dibuka oleh Wakil Bupati Tanahlaut, Abdi Rahman.

Terangnya pembangunan zona integritas tersebut suatu langkah yang baik menuju pengadilan Tanahlaut yang berkeadilan.

"Artinya tidak ada kepentingan di dalamnya dan tidak akan ada kerugian negara di dalamnya," ucapnya.

Ia pun mengaku salut atas pembangunan zona integritas ini, yang mana dirinya sebagai wakil bupati sekalipun nantinya takkan diterima bertamu di tuangkan ketua pengadilan namun di ruang tamu umum

"Mereka sudah melakukan penataan ruangan agar zona integritas ini benar-benar bisa diterapkan dan diwujudkan dan kita harap ini bisa membawa keadilan bagi masyarakat," tambahnya.
(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved