Berita Banjarmasin

Bisa Menjangkau Medan Ekstrem, Alasan DPRD Kalsel Beli 4 Mobil Operasional Baru Senilai Rp 2,4 M

keempat unit mobil SUV bertipe Mitsubishi Pajero Sport Dakar ini memang merupakan mobil baru yang merupakan mobil operasional Komisi DPRD Provinsi.

Bisa Menjangkau Medan Ekstrem, Alasan DPRD Kalsel Beli 4 Mobil Operasional Baru Senilai Rp 2,4 M
capture /banjamasinpost.co.id
Banjarmasin Post edisi Kamis 28 Februari 2019 Halaman 9 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Area parkir kendaraan roda empat di Gedung Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tampak sedikit berbeda, Rabu (27/2).
Ada empat unit mobil baru berjenis sport utility vehicle (SUV) yang yang tergolong mewah terparkir rapi di lokasi ini.

Ternyata, keempat unit mobil SUV bertipe Mitsubishi Pajero Sport Dakar ini memang merupakan mobil baru yang merupakan mobil operasional Komisi di DPRD Provinsi Kalsel.

Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, Riduansyah membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi BPost, di kantornya, Rabu (27/2).

Riduansyah menjelaskan, keempat unit mobil operasional komisi tersebut masing-masing bernilai kurang lebih Rp 600 juta, sehingga memakan anggaran kurang lebih Rp 2,4 miliar.

Baca: Hati Luna Maya Hancur Usai Reino Barack Nikahi Syahrini, Denny Darko Sebut Tak Mau Jalani Hubungan

Baca: Kenali Ibu Mertua Syahrini, Reiko Barack Usai Reino Barack Menikah di Masjid Tokyo Camii Jepang

Mobil-mobil tersebut menurut Riduansyah memang diusulkan Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel atas permintaan para anggota DPRD Provinsi Kalsel di Tahun 2019 dan direalisasikan pada Februari 2019.

Ia melanjutkan, setiap komisi mendapatkan hak menggunakan mobil tersebut untuk keperluan perjalanan dinas kunjungan kerja ke dalam daerah.

Padahal, sebelumnya komisi di DPRD Provinsi Kalsel juga sudah memiliki mobil operasional komisi untuk tujuan tersebut berupa unit mobil tipe Toyota Hiace berkapasitas lebih besar yang diadakan pada 2015.

Namun, menurut Riduansyah, dari hasil penjajakan mempertimbangkan pelaksanaan kunjungan kerja ke dalam daerah selama ini, para anggota DPRD mengalami kesulitan menjangkau beberapa lokasi menggunakan mobil operasional komisi yang sebelumnya.

"Beberapa lokasi sulit dijangkau pakai mobil yang ada karena medan ekstrem, jadi setelah penjajakan anggota dewan meminta diadakan mobil yang bisa sampai ke medan ekstrem," kata Riduansyah.

Baca: Berkat Program Olah Sampah, Ratna Wakili Indonesia Ikut Program YSEALI ke Amerika Serikat

Baca: Hasil Tes PPPK Diumumkan 1 Maret, Mengabdi Jadi Guru Honor Hj Norliyah Rela Digaji Rp 75 ribu

Walaupun mobil baru berjenis SUV memiliki kapasitas lebih sedikit kurang lebih enam penumpang, namun rencananya mobil berperan sebagai penunjang apabila kunjungan kerja perlu melewati medan ekstrem.

Di luar hal itu, mobil Toyota Hiace masih akan digunakan sebagai mobil operasional komisi seperti sebelumnya.

"Jadi kalau ke medan berat saja, kalaupun harus semua berangkat akan bergantian menggunakan SUV melewati medan ekstrem karena kapasitas terbatas," kata Riduansyah.

Walau demikian, jika jadwal kunjungan kerja antar komisi tak bersamaan, bukan tidak mungkin mobil tersebut dipinjamkan antar komisi tentunya dengan seizin Ketua masing-masing komisi. (banjarmasinpost.co.id/acm)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved