Berita Kotabaru

Gaji Dicicil Perusahaan, Buruh Tani Kelapa Sawit Datangi Kantor DPRD Sampaikan 10 Tuntutan

Mereka pun menuntut agar pihak Legislatif Kabupaten Kotabaru dan Pemerintah daerah menyelesaikan hak-hak mereka harus terima.

Gaji Dicicil Perusahaan, Buruh Tani Kelapa Sawit Datangi Kantor DPRD Sampaikan 10 Tuntutan
BANJARMASINPOST.co.id/man hidayat
Buruh tani kelapa sawit dari Kelumpang Hulu, Hampang, Kotabaru datangi dan lakukan aksi ke Kantor DPRD Kotabaru, Kamis (28/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Buruh tani kelapa sawit datangi dan lakukan aksi ke Kantor DPRD Kotabaru, Kamis (28/2/19).

Ada sekitar 100 lebih pekerja buruh yang datang mengeluhkan apa yang dialami para pekerjanya.

Mereka rela menyebrang dari Pulau Kalimantan ke Pulau Laut Kotabaru dengan mengerahkan 3 truk dari Kecamatan Hampang dan Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru.

Mereka menuntut agar buruh diberikan hak-haknya sebagai pekerja. Sebab, perusahaan tempat mereka bekerja tidak sesuai bahkan gaji mereka harus dicicil beberapa bulan.

Mereka pun menuntut agar pihak Legislatif Kabupaten Kotabaru dan Pemerintah daerah menyelesaikan hak-hak mereka harus terima. Selain itu, pihak perusahaan yang maksud bisa ditegasi karena sudah tidak sesuai dengan aturan.

Baca: Kejar Target 6.000 Keping KTP Elektronik, Petugas Disdukcapil Tanahbumbu Kerja Sampai Malam

Baca: Arema FC vs Barito Putera di Piala Presiden 2019, Jacksen Manfaatkan Latihan Malam di Kanjuruhan

Mereka menuntut sebanyaj 10 poin. Perlunya ketegasan agar perusahaan yang melanggar ditindak, hilangkan proporsi hak permanen, hapuskan buruh harian borongan atau harian lepas dan jadikan buruh tetap.

Selain itu, bayarkan iuran BPJS Kesehatan Dan ketenaga kerjaan tepat waktu, bayarkan dan sesuaikan UMK tepat waktu dan tidak dicicil. Hapuskan diskriminasi buruh, hargai LKS dipartit yang sudah disepekati dan jadikan organisasi serikat sebagai mitra.

Berikan hak dispensiasi kegiatan pengurusan serikat. Dan tetakhir bayarkan hak buruh sesuai aturan.

10 tuntutan itu, ditujukan kepada perusahaan di Kecamatan Hampang dan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru. Perusahaan itu adalah Berlian Estate - PT JMS Kelumpang Hulu, Merah delima - PT STP Hampang, Intan Estate - PT STP.

Hal itu diungkapkan koordinator aksi, Taufik Donatus bersama kawan. Dia mengatakan saat ini, buruh yang bekerja di perusahaan tersebut merasa tidak disesuaikan hak-haknya. Sehingga mereka melakukan aksi.

Halaman
12
Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved