Perjuangan Durratul Latifah Sang Bidan Desa Untuk Yakinkan Warga Membuahkan Hasil

Perjuangan menjadi bidan yang dilakoni Durratul Latifah sejak 1996 hingga sekarang tidaklah semudah membalik telapak tangan.

Perjuangan Durratul Latifah Sang Bidan Desa Untuk Yakinkan Warga Membuahkan Hasil
SGM untuk Banjarmasinpost.co.id
Bidan Durratul Latifah atau akrab disapa Ibu Atul saat melayani konsultasi kehamilan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Perjuangan menjadi bidan yang dilakoni Durratul Latifah sejak 1996 hingga sekarang tidaklah semudah membalik telapak tangan.

Dia harus berjuang menyakinkan masyarakat dengan kemampuannya.

Wajar, bila saat itu warga masih belum begitu langsung percaya dengan kemampuannya sebagai bidan.

Mengingat saat itu, bidan yang biasa disapa Ibu Atul ini baru lulus dari Program Pendidikan Bidan C Suaka Insan pada 1996 lalu.

Program pendidikan ini setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Setelah lulus sekolah, dia menjadi bidan dengan status pegawai tidak tetap (PTT) sebagai Bidan Desa Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Namun, tekadnya menjadi bidan menjadi motivasi tersendiri bagi perempuan kelahiran Gambut, 13 Februari 1978 ini.

Dengan ilmu yang didapatnya di bangku sekolah program pendidikan bidan C, perlahan namun pasti dia menyakinkan kepada warga dengan kemampuannya.

"Awalnya perlu penyesuaian dan mengenal karakteristik masyarakat di sini. Tugas berat pertamanya adalah meyakinkan masyarakat di sini dengan kemampuan kita. Apalagi saat itu, masyarakat lebih percaya dengan dukun kampung," ujarnya.

Dan perlahan, tekad dan motivasinya membuahkan hasil. Masyarakat mulai percaya dengan kemampuannya sebagai bidan.

Selain itu, kerjasama antara bidan desa dengan dukun kampung juga terjalin sangat baik. Sehingga kegiatan yang dilakukan seperti memberikan pelayanan ibu hamil, persalinan, pelayanan baru lahir, pelayanan ibu nifas bisa berjalan baik dan maksimal.

Halaman
1234
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved