Berita Olahraga

Perbarui Data Atlet, Dispora Kalsel Adakan Workshop dan Simposium

Tidak ingin simpang siur terkait data para atlet di Banua, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel mulai menginventarisir data atlet

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tidak ingin simpang siur terkait data para atlet di Banua, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel mulai menginventarisir data atlet di setiap Kabupaten dan Kota.

Pengumpulan database atlet Kalsel dilakukan melalui workshop dan Simposium Olahraga Dispora Kalsel di Hotel Rodhita Banjarmasin, Kamis (28/2/2019).

Ketua Panitia Pelaksana Workshop, Dharyatno mengatakan sebenarnya data atlet di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel sudah ada namun Dispora Kalsel ingin memperbarui dan melengkapi.

"Dispora Kalsel ingin data ketenagakerjaan olahraga di banua ini benar-benar bisa diketahui. Makanya kita mengundang KONI Kabupaten Kota se Karena," kata dia.

Pengumpulan database ini dilakukan dengan cara membagikan angket kepada Dispora Kabupaten Kota dan pengurus olahraga setempat.

"Untuk mengisi data angket yang kita sodorkan terkait atlet mereka,” tambah Dharyanto.

Baca: Evan Dimas Masuk Timnas, Ady Setiawan Berharap Bisa Gantikan Posisi ini

Baca: Empat Pemainnya Absen di Piala Presiden, Pelatih Barito Putera Gunakan Strategi ini

Baca: LINK LIVE & Jadwal Lengkap Babak Penyisihan Grup Piala Presiden 2019: Dibuka Jokowi Persib Vs Tira

Database tenaga keolahragaan ini menurutnya sangatlah penting, mengingat sejauh ini Dispora Kalsel belum memilikinya sebagai acuan pembinaan olahraga di banua ini.

“Sejauh ini kita selalu mengacu pada database yang dimiliki KONI, tapi kedepan kita memiliki database sendiri, yang bisa menjadi acuan setiap pembinaan atlet di Kalsel,” sambung dia.

Tak hanya Dispora Kalsel, setiap kabupaten atau kota juga di tuntut memiliki database atlet, hal ini sebagai bukti bahwa pembinaan atlet di daerah berjalan dengan baik.

Dispora provinsi tidak memiliki atlet, karena pemilik atlet ada pada kabupaten dan kota serta cabor selaku pembinanya.

Sehingga semua tenaga olahraga dinilai perlu dilakukan kembali agar bisa melihat sejauh mana potensi Kalsel.

Plt Kadispora, Siswansyah mengatakan tanpa data atlet yang jelas, sulit menjalankan pembinaan prestasi atlet di Kalsel.

"Karena itu sumber data utama untuk melaksanakan pembinaan, dimana atlet yang dimiliki daerah ini harus benar-benar ada. Pemprov Kalsel sejauh ini fokus terhadap pembinaan atlet di banua ini, dan untuk menjalankannya, terlebih dahulu data atlet atau tenaga olahraga perlu dimiliki," sambung dia.

Banjarmasin post.co.id/Khairil rahim

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved