Berita Nasional

5 Fakta Fatwa NU Haramkan Bisnis MLM Skema Piramida dan Ponzi, ''Mengandung Unsur Gharar''

“Hukum bisnis money game model MLM, baik menggunakan skema piramida atau matahari, dan ponzi adalah haram"

5 Fakta Fatwa NU Haramkan Bisnis MLM Skema Piramida dan Ponzi, ''Mengandung Unsur Gharar''
TRIBUN TIMUR
Multi Level Marketing haram. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Nahdlatul Ulama ( NU) di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Jawa Barat, dari Rabu (27/2) hingga Jumat (1/3), memutuskan sistem bisnis Multi Level Marketing (MLM) adalah bisnis haram.

“Hukum bisnis money game model MLM, baik menggunakan skema piramida atau matahari, dan ponzi adalah haram,” kata pemimpin sidang Komisi Bathsul Masail, Ustadz Asnawi Ridwan melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/2).

Dia menjelaskan, ada lima ketentuan terkait bisnis dengan menggunakan sistem MLM, baik yang menggunakan skema piramida maupun skema matahari.

Baca: Munas NU Sebut MLM Bisnis Haram, Pengusaha MLM Banjarmasin Anggap Halal, Ini Alasannya

Baca: Bawa Sabu & Ekstasi di Palembang 2 Warga Banjarmasin Diupah 10 Juta, Polisi Sebut Rp 300 Juta

Baca: Waspada! Kalsel Berpotensi Terjadi Bencana Hidrometeorologi, Ini Penjelasan Deputi Meteorologi

Pertama, adanya uang pendaftaran atau dibarengi pembelian produk sebagai syarat dalam mengikuti kegiatan penjualan berjenjangnya atau mencari mitra. Selain itu, dalam pendaftaran atau pembelian tersebut menghasilkan komisi atau bonus.

Kedua, adanya bonus-bonus yang didapatkan ketika jaringannya semakin banyak ke bawah hingga membentuk skema piramida. Ihwal skema matahari pada dasarnya bisa dikatakan sama dengan model piramida ketika adanya ketergantungan pada setoran dari member baru demi bertahan dan menguntungkan member lama.

Ketiga, rancangan pemasarannya menghasilkan bonus atau komisi dan penghargaan lainnya berdasarkan dari kegiatan tertentu.

Keempat, pada dasarnya produk bisa didapatkan secara gratis atau dalam kasus lain harga produk jauh lebih murah atau manfaat produk tidak sesuai dengan apa yang diiklankan.

Kelima, bonus rekrut jauh lebih besar dibandingkan dengan bonus dari manfaat produk itu sendiri.

Asnawi menjelaskan ada tiga alasan yang mendasari bisnis model MLM tak diperbolehkan. Pertama adalah penipuan atau gharar. “Bisnis money game model MLM dan ponzi mengandung unsur gharar,” tegasnya.

Alasan kedua, menyalahi prinsip akad transaksi. Sedangkan alasan ketiga, motivasi akad transaksi adalah bonus, bukan barang.

“Haram karena terdapat gharar dan syarat yang menyalahi prinsip akad sekaligus motivasi (ba’its) dari transaksi tersebut adalah bonus bukan barang,” tuturnya. (dwi/kur/kompas.com)

Hai Guys! Berita ini ada juga di EPAPER BANJARMASIN POST CETAK

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved