Berita Kalteng

Penumpang Kapal Laut Menggeliat, Tamu Hotel Melati di Sampit Mulai Ramai

Kunjungan tamu hotel melati di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mulai menggeliat di saat adanya peningkatan penumpang kapal

Penumpang Kapal Laut Menggeliat, Tamu Hotel Melati di Sampit Mulai Ramai
Banjarmasinpost.co.id/faturahman
Pelabuhan Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ini selama ini menjadi tempat tambat kapan laut untuk angkutan penumpang tujuan Sampit ke Semarang dan Surabaya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kunjungan tamu hotel melati di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mulai menggeliat di saat adanya peningkatan penumpang kapal laut di Sampit.

Sebagian warga Kalteng, memilih beralih naik kapal laut setelah terjadinya kenaikan harga pada tiket pesawat.

Ini juga berdampak pada makin ramainya tamu hotel di Sampit, terutama hotel yang lokasinya berada di sekitar Pelabuhan Sampit.

Saidah, salah satu pengelola Hotel Melati Sri Rezki, di Jalan Iskandar Sampit, Kotim, Minggu (3/3/2019) mengaku, tamu hotel terutama yang ingin mudik naik kapal laut belakangan makin ramai, berdampak pada meningkatnya jumlah tamu hotel, padahal saat harga tiket pesawat murah, tamu sepi, karena penumpang kapal laut juga sepi.

Baca: Ke Surabaya Bareng Maia Estianty, Dul Jaelani & Al Ghazali Diperlakukan ini Saat Jenguk Ahmad Dhani

Baca: Cinta Tak Memandang Rupa, Pria Tampan ini Menyayangi Kekasihnya yang Memiliki Kelainan Kulit Langka

Baca: Bocoran Resepsi Syahrini dengan Eks Luna Maya, Reino Barack Pada Hotman Paris, Siapa yang Diundang?

"Tamu hotel lumayan banyak ketika ada kapal laut yang ingin berangkat ke Surabaya atau Semarang, rata-rata karyawan PBS Sawit dari kebun saat di Sampit akan menginap sehari di hotel, sebelum naik kapal," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah, Yoman Tofri, merilis, terjadi fluktuasi tingkat penghunian kamar hotel (TPK) relatif memiliki korelasi positif dengan pola perkembangan jumlah tamu yang menginap.

"Selama 3 bulan terakhir, terjadi penurunan TPK hotel bintang mengikuti pola penurunan jumlah tamu menginap di hotel bintang. Dibandingkan dengan bulan lalu, terjadi penurunan TPK pada hotel bintang 1 dan 2 (16,36 poin) dan hotel bintang 4 (13,83 poin) selama Januari 2019," ujarnya. banjarmasinpost.co.id /faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved