Berita Tapin

Video Penumpang Kapal Roro Ditabrak Mobil Pikap di Dermaga Sungai Puting Viral, Begini Faktanya

Video Penumpang Kapal Roro Ditabrak Mobil Pikap di Dermaga Sungai Puting Viral, Begini Faktanya

Video Penumpang Kapal Roro Ditabrak Mobil Pikap di Dermaga Sungai Puting Viral, Begini Faktanya
(IG Wargabanua)
Insiden penumpang kapal Roro ditabrak mobil pikap saat sandar di Desa Sungai Puting, Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Minggu (3/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Video insiden seorang remaja yang jadi penumpang kapal Roro ditabrak mobil pikap putih di dermaga viral di media sosial.

Pada kapal jenis Roro (Roll On Roll Out), merupakan jenis kapal yang diperuntukkan untuk mengangkut berbagai jenis kendaraan, tak terkecuali mobil pikap.

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id dari Kepala Desa Sungai Puting Khairin Noor, peristiwa penumpang kapal roro ditabrak mobil pikap itu terjadi di Desa Sungai Puting, Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (2/3/2019) sekitar pukul 15.00 Wita.

"Korban warga Kapuas dan sopir warga Desa Sungai Puting sudah sepakat berdamai di hadapan aparat Pemerintah Desa Sungai Puting. Insiden itu tidak ada unsur kesengajaan," ujarnya dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Minggu (3/3/2019) malam.

Baca: Nasib Karier Syahrini Setelah Menikah dengan Reino Barack Diterawang, Bagaimana Luna Maya?

Baca: LINK Live Streaming Fulham vs Chelsea di Liga Inggris Live beIN Sports 1 Malam Ini, Cek Caranya

Baca: Cara Unik Polsek Tapin Utara Antisipasi Aksi Maling, Sebar Spanduk di 15 Titik Rawan Kejahatan

Korban memilih lewat Desa Sungai Puting karena ingin menghadiri perkawinan temannya di Desa Lumbu Raya, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin.

Penumpang yang nahas itu kali pertama menaiki kapal Roro, sehingga tidak mengetahui kalau ketentuannya, diutamakan mobil yang lebih dahulu keluar dari kapal Roro saat sandar di dermaga darurat.

Sopir mobil pikap itu saat keluar dari kapal Roro penglihatannya lebih fokus dan konsentrasi dengan ramp door kapal karena jika lalai masuk Sungai Puting.

Ramp Door ini adalah sebagai jembatan penghubung antara dermaga dan kapal. Ramp door umumnya terletak pada haluan atau buritan kapal, saat merapat di dermaga ramp door akan membuka kebawah layaknya gerbang benteng pertahanan zaman ksatria berkuda.

Saat ramp door terbuka, maka kendaraan akan keluar dari lambung kapal, layaknya anak-anak ikan arwana yang baru menetas keluar dari mulut induknya.

Saat roda mobil pikap melewati ramp door untik berbelok, sopir pikap tidak melihat kalau di depannya ada penumpang yang berjalan kaki seorang diri hingga insiden terjadi, korban kena tabrak.

Baca: Sikap Tegas Mulan Jameela, Al Ghazali & Dul Jaelani Usai Jenguk Ahmad Dhani Diantar Maia Estianty

Baca: Daftar Artis & Penyanyi yang Gelar Konser untuk Ahmad Dhani, Ada Dewa 19, Ashanty & Anang Hermansyah

Baca: Prediksi KH Maruf Amin dan Sandiaga Uno Soal Sikap Demokrat di Pilpres 2019 Jelang Debat Cawapres

"Memang kalau dilihat dari video yang viral di media sosial terlihat ngeri. Korban cuma mengalami keseleo di kaki bagian sebelah kanan karena terserempet," katanya.

Khairin Noor mengaku yang langsung membawa korban ke tukang urut hingga mengantar ke Desa Lumbu Raya, sekaligus menyelesaikan perdamaian antara sopir dan korban.

"Saya berharap Pemerintah Kabupaten Tapin menyediakan layanan kapal penyeberangan, kemudian penempatan petugas perlindungan masyarakat di areal kapal penyeberangan. Tentunya di lokasi itu harus ada peran dan keterlibatan Pemerintah Daerah dan aparat keamanan. Tidak bisa hanya dibebankan kepada Pemerintahan Desa," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved