Bumi Sanggam

Dukung Pelaksanaan Pengadaan Barang yang Transparan, Pemkab Balangan Gunakan Aplikasi Ini

Kabupaten Balangan menyelenggarakan Workshop Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dengan Metode Pengadaan Langsung, Kamis (28/2/2019).

Dukung Pelaksanaan Pengadaan Barang yang Transparan, Pemkab Balangan Gunakan Aplikasi Ini
Diskominfo Balangan
Workshop Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dengan Metode Pengadaan Langsung, Kamis (28/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Agar pelaksanaan pengadaan barang transparan di Kabupaten Balangan, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan menyelenggarakan Workshop Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dengan Metode Pengadaan Langsung, Kamis (28/2/2019).

Rencananya sejak Maret 2019 pengadaan langsung dilaksanakan melalui Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3. Sistem ini menggunakan cara transaksional atau pencatatan.

Melihat pelaksanaan penunjukan langsung yang rawan penyimpangan. SPSE mampu menghindari penyimpangan tersebut.

Apalagi, penunjukan langsung biasanya pekerjaan dilaksanakan terlebih dahulu, setelah itu baru dilakukan kelengkapan administrasinya.

Kepala Bagian Pengadaan barang dan Jasa Kabupaten Balangan, Taufiqurrahman, menjelaskan dengan SPSE 4.3, penunjukan langsung tidak lagi dilakukan secara manual. Data yang masuk berdasarkan data real time.

"Semoga hal ini dapat mendukung pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah berjalan secara efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel," harapnya.

Workshop ini dihadiri oleh Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan dan Pokja. Dengan narasumber Samsul Ramli selaku Procuremet Specialist yang diselengkarakan di Aula Benteng Tundakan, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan.

“Tujuan dari workshop ini adalah untuk menjelaskan secara detail terkait pengadaan langsung melalui SPSE 4.3, khususnya untuk memberikan bimbingan terkait penggunaan aplikasi tersebut, yaitu tentang Transaksional dan Pencatatan” jelas Samsul Ramli.

Aplikasi SPSE versi 4.3 melalui http://lpse.balangankab.go.id telah diluncurkan. Pengadaan langsung dalam SPSE 4.3 ini dilaksanakan dua cara, yaitu transaksional dimana proses pemilih penyedianya melalui aplikasi Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP).

SIKAP merupakan aplikasi yang memuat data atau informasi kinerja penyedia barang atau jasa. Pencatatan yaitu fitur yang mencatat hasil pemilihan penyedia dan realisasi pembayaran diinput ke dalam SPSE. (AOL/*)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved